Banjir di Mandailing Natal Sudah Surut

164

MEDAN – Banjir yang merendam 78 rumah di Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara, akibat meluapnya Sungai Batang Gadis sejak Kamis (8/11), saat ini sudah surut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mandailing Natal, Muhammad Yasir Nasution, dihubungi dari Medan, Minggu, mengatakan rumah warga yang terendam banjir itu, saat ini seluruhnya sudah bersih dari air.

Bahkan kotoran lumpur maupun sampah yang terbawa banjir ke rumah penduduk, menurut dia, telah bersih dan tidak ada lagi yang tersisa.

“Pembersihan rumah warga terendam banjir itu, juga melibatkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil-13 Panyabungan, Kodim 0212/TS dan masyarakat setempat,” ujar Yasir.

Ia mengatakan, peristiwa banjir itu, terjadi Kamis (8/11) dan Sungai Batang Gadis meluap dan merendam puluhan rumah warga. Sebelumnya hujan lebat itu, telah mengguyur Kecamatan Panyabungan di wilayah Pantai Barat Sumatera. Banjir tersebut, mencapai setinggi 50 centimeter.

“Banjir itu, juga melanda delapan desa yang berada di wilayah Kecamatan Panyabungan,” ucap dia.

Yasir menjelaskan, kedelapan desa itu, yakni Desa Pidoli Lombang dan Desa Mayabar di Kecamatan Payabungan.

“Kemudian, Desa Mondan, Desa Sayur Maincat, Desa Kumpulan Setia, Desa Binanga, Desa Bangun Sejati, dan Desa Hutaimbali, Kecamatan Huta Bargot,” kata Kepala Pelaksana BPBD Mandailing Natal itu.

Sebanyak 72 rumah warga masyarakat hanyut akibat banjir di Kecamatan Lingga Bayu- Kecamatan Batang Natal, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara.

Jumlah rumah warga yang hanyut itu, berdasarkan data yang diperoleh melalui camat di kedua daerah tersebut.

Dari 72 jumlah rumah yang hanyut itu, yakni 41 rumah di Kecamatan Lingga Bayu, dan 31 rumah lainnya di Batang Natal.

Rumah rumah warga yang hanyut akibat banjir di Kecamatan Lingga Bayu, yakni Simpang Gambir 16 rumah, Ranto Sore Sigala-gala sebanyak delapan rumah, Aek Garingging delapan rumah, Sikumbu enam rumah, Pulo Padang enam rumah, Tapus dua rumah, satu unit mobil hanyut, dan unit rumah terbakar di Simpang Gambir.

Saat ini, petugas BPBD bekerja sama dengan Camat Batang Natal-Lingga Bayu masih mendata rumah penduduk yang dihantam banjir. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...