Bantai Kamboja, Indonesia Lolos Semifinal Piala AFF Futsal 2018

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

222

YOGYAKARTA — Indonesia memastikan langkah ke semifinal Piala AFF Futsal 2018. Keberhasilan merebut tiket ke 4 besar dipastikan setelah ‘membantai’ Kamboja 13-0 di laga terakhir Grup A di GOR UNY, Yogyakarta, Rabu (7/11/2018).

Hasil itu menjadikan Indonesia menduduki peringkat dua di bawah Malaysia yang tampil sebagai juara grup setelah menang 3-2 atas Myanmar. Dengan demikian, Malaysia selalu meraih kemenangan selama penyisihan grup.

Kemenangan atas Kamboja juga merupakan yang terbesar di Grup A. Malaysia sendiri menang 10-0 atas Kamboja dan Myanmar menghajar lawan yang sama 11-2.

Keberhasilan melaju ke semifinal menjadikan Indonesia memenuhi target pertama, yaitu lolos ke Piala AFC Futsal 2020. Dari Piala AFF 2018, hanya empat tim yang lolos ke Piala AFC Futsal. Indonesia kembali berlaga di Asia sejak 2014. Pada gelaran 2016 dan 2018, Indonesia absen.

Di Piala AFC, tim Merah Putih sudah berpartisipasi sembilan kali. Masih kalah dengan Thailand yang sudah ikut 15 kali dan sempat dua kali masuk final pada 2008 dan 2012.

Pelatih Indonesia, Kensuke Takahashi mengakui tak mudah bagi timnas melewati penyisihan grup. Apalagi, mereka bersaing dengan dua lawan tangguh, Malaysia dan Myanmar. Timnas sukses menggilas Myanmar, sebaliknya mereka tak berkutik menghadapi Malaysia.

“Harus diakui cukup sulit bagi bagi melewati penyisihan grup. Kami menghadapi banyak rintangan dan tidak akan berhasil bila tidak mendapat dukungan dari semuanya,” kata Takahashi.

Mengenai penampilan timnas saat melawan Kamboja, Takahashi menilai mereka menunjukkan perkembangan yang positif. Tim banyak belajar saat mengalami kekalahan dari Malaysia.

“Performa tim kian menanjak. Ada perbaikan setelah kami mengalami kekalahan dari Malaysia. Kemenangan besar ini juga telah memulihkan kepercayaan diri pemain,” ujarnya.

Saat menghadapi Kamboja, Indonesia mengawali pesta gol lewat Al Fajri Zikry di menit ketiga. Selanjutnya, Andriansyah ‘Runtuboi’ menambah gol menit 11. Indonesia kembali mencetak gol melalui Syauqi Saud (15’ dan 19’), Subhan Faidasa (13’ dan 20’), dan Andriansyah yang mencetak gol keduanya. Indonesia mengakhiri babak pertama dengan skor 7-0.

Di babak kedua, Indonesia mencetak enam gol melalui Al Fajri Zikry (22’), Randy Satria (26’), Rio Pangestu (31’), Marvin Alexa (36’), Aditya Muhammad Rasyid (39’). Adalah Fhandy Permana yang mengakhiri pesta gol tuan rumah saat laga tersisa tiga detik.

Di semifinal, Indonesia bertemu lawan tangguh sekaligus unggulan utama, Thailand sebagai juara Grup B. Thailand memuncaki klasemen akhir setelah menang 4-1 atas Vietnam. Selama 13 kali penyelenggaraan Piala AFF, Thailand sudah juara 12 kali. Indonesia sendiri hanya sekali menjadi juara pada 2010.

Baca Juga
Lihat juga...