Bawaslu Trenggalek Ingatkan Jangan Pasang APK di Jembatan

201
Ilustrasi atribut kampanye - dok CDN

TRENGGALEK — Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, mengingatkan kepada seluruh pengurus partai politik maupun caleg agar tidak memasang alat peraga kampanye di atas jembatan maupun area fasilitas umum lain.

“Apapun alasannya pemasangan bendera atau reklame dan sebagainya di stuktur jembatan itu tidak boleh. Dilarang keras,” kata Ketua Banwaslu Trenggalek Ahmad Rokhani di Trenggalek, Jumat.

Pelanggaran APK itu kini telah dicatat oleh Bawaslu, namun belum ada teguran langsung. Apalagi penertiban.

Rokhani menyatakan Bawaslu masih mengedepankan pendekatan persuasif sebelum dinaikkan levelnya menjadi penertiban bersama jajaran Satpol PP dan melayangkan surat peringatan.

“Kami minta parpol (pengurus) sukarela menertibkan APK yang sudah terlanjur terpasang di atas jembatan maupun fasum lain,” ujarnya.

Rokhani mengatakan, pemasangan APK di area fasum melanggar Peraturan Bupati (Perbup) nomor 14, tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Reklame.

Sebab dalam peraturan tersebut dijelaskan, setiap penyelenggara reklame dilarang memasang pada tiang rambu jalan, tiang lampu pengatur lalu lintas, tiang penerangan jalan umum, tiang kamera lalu lintas, tiang listrik, tiang telepon, struktur jembatan, dinding gedung atau kantor pemerintah, tempat peribadatan, sarana pendidikan dan pagar.

“Karena sudah diatur dalam perbup, dan jelas dilarang maka untuk penertibannya merupakan ranah dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Trenggalek,” ujarnya.

Untuk itu, nantinya Banwaslu akan bekoordinasi dengan Satpol PP Trenggalek untuk melakukan penertiban.

Mengingat sejauh ini banyak sekali bendera atau reklame dan sejenisnya yang termasuk APK yang di pasang pada stuktur jembatan.

Selain itu Banwaslu akan terus melakukan koordinasi terkait pelanggaran pemasangan APK lainnya.

“Ini seperti pemasangan APK di tanaman dengan cara dipaku, makanya kami akan terus melakukan koordinasi untuk penegakan peraturan tersebut,” katanya. [Ant]

Baca Juga
Lihat juga...