BKSDA Maluku Data Tumbuhan dan Satwa Liar

227
Ilustrasi BKSDA - Dokumentasi CDN

AMBON – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku, melakukan pendataan tumbuhan dan satwa liar. Pendataan dilakukan, khususnya untuk jenis burung yang tersebar di wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Kepala BKSDA Maluku, Mukthar Amin Ahmadi, menyatakan, pendataan tumbuhan dan satwa liar, dilakukan sehubungan dengan terbitnya Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (Permen LHK), No.P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018, tentang jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi.

“Sebagaimana diubah dengan Permen LHK No.P.92/MENLHK/SETJEN/KUM.1/8/2018, dan menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Jenderal KSDAE No: SE.9/KSDAE/SET/KUM.1 /8/2018, tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, maka kami akan melakukan pendataan tumbuhan dan satwa liar Utara,” jelasnya.

Pendataan tumbuhan dan satwa liar yang dipelihara, sebelum terbitnya Permen tersebut, ada satwa burung betet kepala buru (Tanygnathus gramineus), betet kepala paruh besar (Tanygnathus megalorynchos), cendrawasih gagak obi (Lycocorax obiebsis), gagak halmahera (corvus validus), kakatua putih (cacatua alba).

Kemudian ada, kasturi Ternate (Lorius garrulus), kring-kring Buru (Priniturus mada), nuri Maluku (Eos bornea), paok Morotai (Pitta Morotaiensis), serta perkici kepala merah (Charmosyna rubronotata). “Kurang lebih ada 23 jenis burung sebelumnya dipelihara masyarakat sebelum terbitnya permen, sehingga harus dilaporkan untuk didata, “ujarnya.

BKSDA Maluku mengimbau, masyarakat pemilik tumbuhan dan satwa liar untuk melaporkan kepemilikan satwa melalui link http://satwa.bkda Maluku.org. Warga juga dajak untuk melindungi satwa yang dilindungi, demi keberlangsungan ekosistem satwa. “Kami mengimbau warga untuk tidak menangkap, memelihara, memperjualbelikan satwa liar yang dilindungi, karena perbuatan tersebut melanggar Undang-undang nomor lima tahun 1990, tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya,” kata Mukhtar. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...