City Gelontor Gawang Shakhtar Setengah Lusin Gol

Editor: Makmun Hidayat

137

MANCHESTER – Manchester City belum terbendung. The Citizen kembali mengamuk di Etihad dengan menghancurkan pertahanan Shakhtar Donetsk pada lanjutan Liga Champions Grup F. Tak tangung-tanggung, setengah lusin gol digelontor anak asuh Pep Guardiola.

Shakhtar sebenarnya bertandang ke Etihad dengan rekor bagus. Mereka belum pernah merasakan kekalahan sejak 3 Agustus silam. Bahkan dari 11 laga terakhirnya, tim asal Turki ini selalu meraih kemenangan. Tapi catatan apik itu tidak banyak berguna di Etihad.

Shakhtar sempat tampil menjanjikan di awal laga. Dengan percaya diri, Shakhtar memberikan tekanan bagi tuan rumah dan menciptakan peluang mencetak gol. Tapi City tak tinggal diam. Skuad asuhan Pep Guardiola perlahan mulau mengendalikan laga.

Menit 13, tuan rumah membuka keunggulan. Kerjasama apik Riyad Mahrez dan David Silva membawa City unggul. Umpan Mahrez disambut Silva dan dikonversi menjadi gol. Kebobolan satu gol membuat Shakhtar mulai mengendorkan tekanan dan berbalik bertahan.

Perubahan strategi dimanfaatkan City untuk terus menggempur pertahanan Shakhtar. Sampai titik ini, tambahan gol tuan rumah hanya tinggal menunggu waktu saja. Menit 24 Manchester City mendapat hadiah penalti setelah Raheem Sterling jatuh meski tidak ada kontak dengan pemain Shakhtar. Gabriel Jesus yang menjadi eksekutor sukses menuntaskan tugasnya dengan baik.

Usai jeda, City kembali menambah gol. Usaha brilian Sterling setelah mengecoh dua pemain Shakhtar berujung dengan lahirnya gol ketiga The Citizen. Menit 72, City kembali mendapat penalty setelah David Silva dilanggar pemain Shakhtar. Untuk kedua kalinya, Gabriel Jesus mencatatkan namanya di papan skor dari titik putih.

Enam menit jelang bubar, Riyad Mahrez membuat City kian jauh dengan mencetak gol kelima. Dan akhirnya pada menit 90+2, gol keenam City bersarang di gawang Shakhtar. Adalah Gabriel Jesus yang memastikan hattrick pada laga ini.

Pada laga lain di Grup F, Lyon ditahan imbang Hoffenheim yang diperkuat 10 pemain sejak menit 51 dengan skor 2-2. Nabil Fekir mengantar Lyon unggul menit 19, disusul gol kedua dari Tanguy Ndombele Alvaro menit 28. Menit 51, Hoffenreim kehilangan Kasim Nuhu yang mendapat dua kartu kuning.

Tapi, Hoffenheim justru bisa mencetak dua gol penyeimbang. Andrej Kramaric memperkecil ketinggalan Hoffenheim pada menit 65, dan Pavel Kaderabek memastikan hasil imbang di masa injury time babak kedua. Sementara di Grup E, Bayern Muenchen menang 2-0 atas AEK Athens, dan Benfica bermain imbang 1-1 kontra Ajax.

Baca Juga
Lihat juga...