Dekopinda Serdang Begadai Dorong Peningkatan Kualitas SDM Koperasi

124
Koperasi, ilustrasi -Dok: CDN

SERDANG BEGADAI — Dewan Koperasi Daerah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, mendorong agar pengurus koperasi yang ada di daerah itu untuk meningkatkan kemampuannya agar semakin matang dan piawai dalam mengelola koperasi.

Ketua Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Serdang Bedagai, Adam Nuh, mengatakan pihaknya mengharapkan masukan dari berbagai pihak, terutama pemerintah daerah setempat agar koperasi yang ada di daerah itu semakin berkembang.

Ia menilai perlu dilakukan peningkatan kualitas SDM koperasi, sehingga mampu menjalankan koperasi yang diasuhnya seiring perkembangan zaman, serta melakukan studi banding guna berbagi ilmu dan mencontoh yang baik.

Selain itu ia juga menyarankan adanya kegiatan temu usaha sebagai sarana saling berbagi informasi bagi pelaku usaha dan pengurus koperasi.

“Sebaiknya dalam setahun sekali diadakan bedah Koperasi guna mengubah pandangan masyarakat terhadap koperasi agar nantinya koperasi di Serdang Bedagai menjadi barometer koperasi di seluruh Indonesia,” katanya di Seirampah, Rabu (7/11/2018).

Menanggapi hal tersebut, Bupati Serdang Bedagai Soekirman mengatakan, pihaknya menyambut baik usulan tersebut untuk melakukan banyak pelatihan terhadap SDM koperasi. Selain itu juga usulan studi banding dan temu aspirasi para pengusaha dianggap sangat penting, karena hal itu nantinya dapat dijadikan sebagai media saling berbagai informasi.

“Mumpung sekarang ada BUMDes atau unit usaha desa lainnya, saya pikir aset koperasi yang terbengkalai selama ini dapat dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat. Mari bangkitkan kembali semangat untuk lebih menumbuhkan koperasi,” katanya.

Ia juga menyampaikan harapan kepada penggerak koperasi agar menjadikan Koperasi seperti “akar rumput teki” yang kelihatannya mati diatas, namun akarnya ibarat kerjasama dan persatuan tetap terjalin kuat sehingga tetap hidup dan menunjukkan eksistensi di masyarakat.

“Mari kita kembangkan koperasi yang ada sekarang ini agar lebih kuat dan besar lagi. Saya sangat yakin koperasi akan semakin maju jika kita semua peduli,” katanya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...