DIY Dapat Bantuan 30 Motor Sampah

153
Ilustrasi motor pengangkut sampah - Dokumentasi CDN

BANTUL – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyerahkan bantuan 30 motor roda tiga pengangkut sampah, kepada 30 kelompok yang berasal dari tiga kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Bantuan skala nasional ini, atas inisiatif dan aspirasi dari Aggota Komisi VII DPR RI. Ada sekitar 30 motor sampah untuk tiga kabupaten,” kata Direktur Penilaian Kinerja Pengelolaan Limbah B3 dan Limbah Non B3 Kementerian LHK, Sinta Saptarina Soemiarno, usai penyerahan bantuan di Bantul, Minggu (11/11/2018).

Menurutnya, 30 motor roda tiga pengangkut sampah itu diserahkan kepada 30 kelompok pengolah sampah dari tiga kabupaten di DIY, yaitu Bantul, Gunung Kidul, dan Sleman. Tujuan pemberian bantuan motor sampah tersebut, agar ada infrastruktur khusus pengolahan sampah.

Saat ini, upaya pengolahan sampah di masyarakat, permasalahnya sudah sangat kompleks. “Karena dalam kesehariannya itu (produksi sampah) per orang sekitar 0,7 kilogram, sehingga kalau dari hitung-hitungan, TPA (tempat pembuangan akhir) itu tidak akan memungkinkan untuk menampung sampah,” katanya.

Pengolahan sampah , merupakan implementasi Peraturan Presiden, tentang Kebijakan dan Strategi Pengolaan Sampah dari rumah tangga dan sejenis rumah tangga, yang dikeluarkan di 2017 lalu. “Peraturan tersebut, mengharuskan pemerintah pusat dan daerah mengelola sampahnya 70 persen, rumah tangga harus mengurangi 30 persen. Jadi harus ada pengurangan penggunaan plastik, kemudian bisa mendaur ulang maupun pemanfaatan kembali melalui 3R, reuse, reduce, recycle,” pungkasnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...