Ekspansi Usaha Rintisan ke Negara Tetangga, Ada Hambatan

174
Presiden Joko Widodo. Foto: Dok CDN

TANGERANG — Presiden Joko Widodo mengakui ada peluang perusahaan rintisan (startup) Indonesia masuk ke negara tetangga namun ada hambatan untuk menembus pasar negara tetangga.

“Negara tetangga kita takut sekali dengan yang namanya Go-Jek, takut banget, mereka ngomong ke saya kok, sehingga mereka menghambat setiap kita akan masuk ke pasar yang ada di sana,” kata Presiden Jokowi di Kota Tangerang, Banten, Minggu malam (11/11/2018).

Di hadapan sekitar 3.000 kader PSI yang tengah merayakan ulang tahun keempat di ICE BSD City Kota Tangerang, Jokowi mengatakan Indonesia memiliki industri kreatif yang berkembang pesat.

“Sekarang ini kita memiliki empat unicorn startup yang masuk dalam tujuh startup terbesar di Asia Tenggara, keempatnya dimiliki oleh anak anak muda,” katanya.

Keempat unicorn itu adalah Traveloka, Go-Jek, Bukalapak dan Tokopedia. Unicorn adalah sebutan bagi perusahaan rintisan yang bernilai di atas satu miliar dolar AS atau setara Rp13,5 triliun (kurs Rp 13.500 per dolar AS).

Ia menyebutkan Go-Jek sudah masuk ke Vietnam dan akan segera masuk ke Singapura dan Filipina. “Ini jamannya anak muda yang harus melakukan lompatan, ada peluang, ada opportunity di sini,” katanya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...