Jalan Menuju Kawasan Wisata Batu Betiang Mulai Dikerjakan

157
Ilustrasi - Dok: CDN

REJANG LEBONG — Pejabat Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menjelaskan pembangunan jalan menuju kawasan wisata Air Terjun Batu Betiang di Kecamatan Bermani Ulu Raya saat ini baru dikerjakan.

“Pekerjaannya baru dimulai beberapa hari ini, proses pelelangannya sudah selesai dan kini rekanan yang memenangkan sudah mulai mengerjakannya,” kata Kabid Bina Marga Dinas PU Rejang Lebong, Suhadi saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu (11/11/2018).

Pekerjaan lanjutan peningkatan jalan menuju kawasan Batu Betiang di Kecamatan Bermani Ulu Raya tersebut tambah dia, akan dibangun sepanjang 1.830 meter dan lebar tiga meter dengan pagu anggaran Rp2,9 miliar.

Pembangunan jalan menuju objek wisata alam di areal Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) ini sebelumnya terlambat ditenderkan karena izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan belum keluar sehingga mereka baru bisa membangun jalan ini untuk diluar kawasan saja, sedangkan untuk di dalam kawasan TNKS sepanjang 830 meter akan dilaksanakan jika izinnya sudah keluar.

Jalan yang akan diaspal ini tambah dia, nantinya bahu kanan dan kiri jalannya akan disambung dengan pengecoran beton sehingga lebar jalannya mencapai lima meter, sehingga bisa dilalui kendaraan roda empat.

Selain pembangunan jalan wisata Batu Betiang, pihaknya pada tahun ini juga melakukan peningkatan jalan lingkar Danau Mas Harun Bestari senilai Rp3 miliar, kemudian pembangunan jembatan di TWA Bukit Kaba.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong, Darmansyah menyatakan Pemkab Rejang Lebong saat ini tengah menggiatkan pembangunan infrastruktur guna mendukung dunia pariwisata di daerah itu.

Untuk menyukseskan program ini pihaknya juga telah menyusun master plan untuk pembangunan kawasan wisata Air Terjun Batu Betiang dan TWA Bukit Kaba pada tahun selanjutnya dan dimasukan dalam pembahasan APBD setempat. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...