Jalan Solok Selatan Dipastikan Aman Dilalui Pebalab Tour de Singkarak

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

293

BUKITTINGGI — Rute sepanjang 194,4 km yang akan dilalui oleh 81 pebalap Tour de Singkarak 2018 pada etape VII dipastikan dalam kondisi aman dilalui.

Rute yang dimulai dari Kota Padang Panjang menuju Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat itu, merupakan rute terpanjang kedua. Yang pertama di etape II, dari Kota Sawahlunto menuju Kabupaten Dharmasraya.

Race Director Tour de Singkarak 2018 Jamaluddin Mahmood/Foto: M. Noli Hendra

Rute VII ini, sebelumnya sangat dikhawatirkan karena kondisi jalan yang begitu buruk. Pengerjaan pun sudah diupayakan, namun banyaknya lubang di jalan, membuat pekerja harus bekerja ekstra.

Setelah dikonfirmasi ke Race Director Tour de Singkarak 2018, Jamaluddin Mahmood, hingga malam ini perbaikan jalan dinyatakan sudah selesai dilakukan.

“Ya memang sebelumnya kita khawatir jalan di Solok Selatan tidak selesai. Karena kondisi jalan banyak yang berlubang. Tapi alhamdulillah, sudah selesai diperbaiki,” katanya, Jumat (9/11/2018).

Ia menjelaskan perbaikan jalan yang dilakukan di sejumlah kawasan sepanjang jalan Solok Selatan itu, dengan cara tambal sulam. Cara itu, dinilai ampuh untuk menutupi jalan berlubang sementara waktu.

“Yang perbaiki jalan ialah ada Balai Jalan nya. Mereka yang bekerja, jadi setelah kita pastikan di Balai Jalan, pengerjaannya sudah selesai,” ujarnya.

Melihat pada tahun 2017 lalu, Kabupaten Solok Selatan juga merupakan daerah yang memiliki kondisi jalan yang memiliki kerusakan lubang cukup parah. Bahkan di tahun lalu itu, di saat para pebalap melintasi Solok Selatan, masih ada pengerjaan yang belum selesai, karena lagi musim hujan.

Untuk itu, pada tahun ini panitia Tour de Singkarak memastikan kondisi jalan di daerah yang memiliki Seribu Rumah Gadang tersebut, lebih baik pada tahun lalu.

Pada etape VII ini dimulai di depan Kompi Markas Padang Panjang, melalui Kantor Samsat, pintu gerbang kota, Pasar Singkarak, Tugu Pancasila, Pasar Kota Solok, Pasar Bukit Sileh, Puskesmas Surian, Perbatasan Solok Selatan, dan finis di Kantor Bupati Solok Selatan.

Rute etape VII ini memang termasuk rute yang panjang, tapi perjalanan ini merupakan yang dihiasi pemandangan alam yang indah. Seperti Kabupaten Solok yang memiliki kebun teh, Danau Diateh dan Danau Dibawah, dan begitu juga saat berada di Kabupaten Solok Selatan, juga ada kebun teh.

Di etape VII ini untuk tempat sprint berada di km 45,3 di Singkarak, dan sprint kedua 129,3 yakni di Surian. Sedangkan untuk King of Mountain pertama ada di km 86,1 di Batu Dalam, King of Mountain kedua ada di km 110,8 di Lubuk Selasih.

Etape VII ini juga merupakan etape yang akan menentukan klasemen tim dan individual mana yang akan menjadi sang juara pada Tour de Singkarak 2018 ini. Kemungkinan sang juara pada Tour de Singkarak 2018 ini, akan muncul juara – juara baru dan berbeda pada 2017 lalu.

Baca Juga
Lihat juga...