Jatim Sosialisasikan Menanam Cabai di Pekarangan Rumah

267
tanaman cabai, ilustrasi -Dok: CDN

SURABAYA – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Jawa Timur, menyosialisasikan menanam tanaman cabai di pekarangan rumah untuk kadernya. Hal itu menjadi upaya membantu ketersediaan pangan di wilayahnya.

“Di mulai dari pekarangan rumah sendiri, ditanami cabai, serta tanaman obat keluarga,” ujar Ketua TP PKK Jatim, Nina Kirana Soekarwo, di sela Hari Pangan se-Dunia ke-38 Provinsi Jatim, Senin (5/11/2018).

Dengan adanya tanaman di lingkungan tempat tinggal, menjadi bentuk pemanfaatan lahan, untuk kegiatan produktif. Kegiatannya juga menjadi bentuk peran aktif menekan angka kurang gizi di Jatim. Istri Gubernur Jatim, Soekarwo tersebut, berharap, kader PKK terus mendorong masyarakat melalui program HATINYA PKK, yaitu halaman, asri, teratur, indah dan nyaman, bersama PKK.

Kader juga di dorong melakukan diversifikasi pangan, menggunakan bahan baku yang ada di wilayah masing-masing. Hal itu bisa dilakukan melalui lomba kreasi pangan, agar ketahanan pangan di Jatim tetap terjaga, sekaligus mengurangi tingkat ketergantungan terhadap konsumsi beras.

Sementara itu, penghargaan Penggerak Ketahanan Pangan (PKP) 2018 diberikan kepada lima kepala daerah di Jatim, masing-masing di bidang distribusi hasil pertanian diterima Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, bidang inovasi konsumsi pangan lokal diterima Bupati Lamongan Fadeli, dan bidang keamanan pangan diterima Wali Kota Malang Sutiaji.

Kemudian, di bidang pemanfaatan lahan marginal atau lahan kritis diterima Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, serta bidang peningkatan ketersediaan pangan diterima Bupati Ngawi Budi Kanang Sulistyono. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...