Kalahkan Vietnam, Indonesia Peringkat Tiga Piala AFF Futsal 2018

Editor: Satmoko Budi Santoso

433

YOGYAKARTA – Indonesia menduduki peringkat tiga Piala AFF futsal 2018. Dalam perebutan tempat ketiga melawan Vietnam di GOR UNY, Yogyakarta, Minggu (11/11/2018), Indonesia menang 3-1. Dengan hasil tersebut, Indonesia mengulang sukses gelaran 2012. Saat itu, Indonesia menduduki peringkat ketiga setelah mengalahkan Malaysia 4-2.

Tim Merah Putih sesungguhnya juga pernah berlaga di perebutan tempat ketiga pada Piala AFF Futsal 2013 dan 2014. Hanya, langkah mereka pada dua laga tersebut dihentikan lawan sama Vietnam. Di pertandingan itu, Indonesia tertinggal lebih dulu saat Vietnam mencetak gol melalui Dang Anh Tai. Gol tercipta saat laga baru berjalan empat menit.

Tuan rumah akhirnya menyamakan kedudukan melalui Andri Kustiawan di menit 17. Andri menyelesaikan umpan dari Bayu Saptaji yang melakukan penetrasi di sisi kanan gawang Vietnam. Indonesia berbalik unggul setelah M. Subhan mencetak gol pada enam menit di babak kedua. Dan Bayu Saptaji memantapkan keunggulan Indonesia menit 31.

Pelatih Indonesia Kensuke Takahashi mengaku puas dengan penampilan timnas. Mereka menunjukkan perkembangan selama kejuaraan.

“Tim ada perbaikan. Dari kejuaraan ini, saya melihat futsal Indonesia makin berkembang. Di menit-menit awal, kami belum menunjukkan permainan terbaik. Tapi kami berusaha bermain sabar, fokus dan bertahan secara tim,” kata Takahashi yang pernah ditangani pelatih Vietnam, Miguel Jose Rodrigo Conce Salazar saat masih bermain di timnas Jepang.

“Saya berterima kasih kepada pelatih Salazar. Dia pernah menangani saya di timnas. Saya banyak belajar dari dia. Terus terang saya menaruh respek pada dia,” ucapnya.

Pelatih Salazar mengakui Indonesia mampu bermain efektif terutama setelah unggul. Menurut dia, Vietnam sesungguhnya bermain lebih baik. Namun mereka kesulitan menembus pertahanan Indonesia. “Setelah Indonesia unggul 2-1, pelatih Kensuke menerapkan strategi bertahan. Dan, mereka menghukum kami dengan gol ketiganya,” kata Salazar.

Pelatih asal Spanyol juga terkesan dengan suporter tuan rumah yang menjadikan atmosfer pertandingan kian meriah. Bahkan dukungan suporter menjadi kunci penting dari kemenangan Indonesia.

“Dukungan suporter sungguh luar biasa. Atmosfer suporter sungguh fantastis. Ini yang menjadi kunci penting Indonesia. Meski pemainnya kelelahan, tetapi mereka bisa mengimbangi kami dan memenangkan pertandingan,” kata Salazar.

Dari Piala AFF Futsal, Indonesia dan Vietnam bersama Malaysia serta Thailand dipastikan lolos ke Piala AFC Futsal 2020. Dari zona Asia Tenggara, hanya empat tim teratas yang mendapat tiket ke Piala Asia.

Baca Juga
Lihat juga...