hut

Kekaguman Kepada Gus Dur, Diekspresikan Nabila Lewat Lukisan

JAKARTA – Dr.(H.C.) K. H. Abdurrahman Wahid, atau yang akrab disapa Gus Dur, adalah salah satu sosok fenomenal. Seorang tokoh Muslim Indonesia, dan pemimpin politik, yang menjabat sebagai Presiden Indonesia keempat.

Sosoknya dikenal sangat dekat dengan berbagai kalangan masyarakat. Nabila Dewi Gayatri, salah seorang yang sangat mengagumi sosok Gus Dur. Kekagumannya diekspresikan lewat karya-karya lukisan, yang dipamerkan dalam pameran tunggal seni rupa, Gus Dur, Sang Maha Guru. “Alhamdulillah, kita mempunyai ulama teladan sebagai guru bangsa, yaitu Gus Dur, yang sudah membuktikan mendedikasikan hidupnya untuk agama, bangsa dan negara, “ kata Nabila Dewi Gayatri saat pembukaan pameran tunggalnya, Kamis (22/11/2018) malam.

Nabila Dewi Gayatri (Foto Akhmad Sekhu)

Perempuan kelahiran Gresik, 25 Desember 1969 itu membeberkan, Gus Dur rela mengorbankan Dirinya, untuk kepentingan orang lain. “Hidup dan perjuangannya demi kemanusiaan dan keindonesiaan,” beber alumni Aqidah-Filsafat, Al Azhar, Cairo-Mesir tersebut.

Gus Dur, disebutnya sebagai pahlawan, bukan saja pahlawan untuk orang Islam, atau NU. Tetapi Gus Dur adalah pahlawan bagi semua elemen bangsa ini. “Gus Dur adalah sang pencerah, panutan banyak umat beragama,” ungkapnya.

Sebagai pelukis, Nabila berusaha menghadirkan sosok Gus Dur di dalam ruang kegiatan. Menggambarkan Gus Dur, tidak akan pernah cukup dengan kata-kata, sehingga membuat Nabila mengemukakannya dalam bentuk lukisan. Kalau orang menganggap Gus Dur sebagau guru bangsa, Nabila menyebut Gus Dur sebagai Sang Maha Guru. “Rasa cinta kita semua kepada Gus Dur, ulama kita, Sang Maha Guru Bangsa kita,” pungkasnya.

Lihat juga...