Korem 172/PWY Bagikan 10 Ribu Bibit Tanaman

156
Ilustrasi - Foto: Dokumentasi CDN

JAYAPURA — Komando Rayon Militer (Korem) 172/PWY mendistribusikan 10 ribu bibit tanaman kopi, kakao dan durian guna peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat yang ada di Provinsi Papua.

Danrem 172/PWY Kolonel Inf J Binsar P Sianipar, mengatakan 10 ribu bibit tanaman kopi, kakao dan durian itu sedang disebar di beberapa kabupaten dan kota di Papua.

“Yang sedang disebar oleh jajaran Korem 172/PWY, sebanyak 10 ribu bibit tanaman itu, dilakukan di Kabupaten Jayapura sebanyak 3.000 bibit tanaman dan di Arso, Kabupaten Keerom sebanyak 7.000 bibit,” katanya disela-sela tatap muka tim holistik Papua dan Papua Barat yang terdiri dari Sesjen Wantanas RI, perwakilan lembaga/kementrian terkait dan para kreator pangan dengan pemangku kepentingan di Kota Jayapura di Kota Jayapura, Jumat (9/11/2018).

Menurut dia, setelah itu pada gelombang berikutnya sebanyak 90 ribu bibit tanaman yang akan didistribusikan ke wilayah pegunungan tengah Papua.

“Nantinya bibit yang akan didistribusikan itu lebih fokus kepada tanaman kopi karena di daerah pegunungan jenis kopi arabika sangat terkenal, selain cocok dengan kontur tanah dan alam, tetapi juga banyak peminatnya,” katanya.

Namun, lanjut Danrem, sebelum disebar 90 ribu bibit tanaman, pihaknya akan mensurvei di beberapa wilayah pegunungan tengah, termasuk di wilayah perbatasan yang tingginya di atas 1.500 meter.

“Jadi, rencananya kita memberdayakan masyarakat, bibit dan pendampingan serta pembinaannya dari pemerintah, bukan tanah itu dibeli atau dijual untuk tanaman tadi, ini sesuai keinginan masyarakat tanah tidak dijual,” katanya.

Danrem juga menyampaikan nantinya ada pihak ketiga yang akan membantu membina hingga pada proses penjualan dari hasil tanaman tersebut. “Akan bekerja sama dengan PT Kopi Kapal Api dan kami libatkan Babinsa untuk pendampingan dan ada insentif dari pihak swasta mulai dari penyemaian hingga panen,” kata Kolonel Inf J Binsar P Sianipar.

Sementara itu, mengenai tanaman kopi, Area Sales Manajer Papua bagian pemasaran dan penjualan PT Fastrata Buana, anak perusahaan dari PT Kapal Api, Munir Kayoung mengatakan berdasarkan informasi yang didapatnya bahwa sudah ada lahan di Kabupaten Keerom untuk penyebaran tanaman kopi.

“Jadi pada 25 November ini, akan dikirim analisis dari Makassar, Sulawesi Selatan ke Papua. Sistemnya adalah bagi hasil, berdayakan masyarakat yang punya lahan, kami yang beri bibit, penyuluhan dan pemasarannya kami bantu,” katanya.

Kedepannya dari hasil tanaman kopi tersebut, perusahaan tempatnya bekerja akan menampung dan membeli dari masyarakat. “PT Kapal Api akan menampung hasil dari tanaman kopi milik masyarakat,” katanya.

Pendistribusian 10 ribu bibit tanaman kopi, kakao dan durian serta 90 ribu tanaman kopi oleh Korem 172/PWY merupakan kebijakan yang disampaikan oleh Sesjen Wantanas RI Letjen TNI Doni Munardo pada kunjungannya beberapa bulan lalu di Kota Jayapura guna ketahanan pangan sebagaimana Instruksi Presiden Joko Widodo Nomor 9 Tahun 2017. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...