Kunjungi Purwakarta, Dubes Finlandia Bangun Kerja Sama Pendidikan

189
Ilustrasi - Dok: CDN

PURWAKARTA — Duta Besar Finlandia untuk Indonesia, Jari Sinkari, berkunjung ke Kabupaten Purwakarta untuk menindaklanjuti kerja sama pengembangan pendidikan berkarakter di Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (9/11/2018).

Dalam kunjungannya itu, Duta Besar (Dubes) Finlandia yang didampingi Executive Vice President Finlandia University, Pasi Kaskinen, langsung diterima oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dan wakilnya, Aming, di Bale Janaka, Pemkab Purwakarta.

“Alhamdulillah, sekarang para pegiat dunia pendidikan di Purwakarta bisa belajar langsung di Finlandia. Karena dalam segi pendidikan, Finlandia diakui sebagai yang terbaik dunia,” kata Anne.

Ia mengatakan, kerja sama yang dibangun dengan Finlandia itu di antaranya bertujuan untuk mengolaborasikan pendidikan berkarakter di Purwakarta dengan pendidikan di Finlandia.

“Kerja sama ini terwujud demi membangun serta meningkatkan kualitas pendidikan di Purwakarta. Finlandia membuka diri untuk bersinergi dengan konsep pendidikan di Purwakarta, nanti ada kolaborasi pendidikan di Purwakarta dengan Finlandia,” katanya.

Sementara itu, Duta Besar Finlandia untuk Indonesia, Jari Sinkari mengaku banyak tertarik dengan dunia pendidikan. Sebab kedua orangtuanya merupakan seorang guru.

Ia mengatakan, dirinya memulai pendidikan dengan belajar sejarah di negaranya. Saat membuka bukti-bukti sejarah Finlandia di abad pertengahan, terdapat cerita rakyat.

“Pada tahun 1800, Finlandia sebagai negara agrikultur yang miskin dan menderita karena perang. Sekarang negara saya maju, utamanya pendidikan. Yang terjadi selama 100 tahun terakhir di Finlandia merupakan pembangunan investasi pendidikan besar-besaran,” katanya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...