Lemper Sepinggan, Oleh-oleh Khas Balikpapan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

197

BALIKPAPAN — Berburu oleh-oleh makanan ataupun kuliner di Kota Balikpapan tak perlu bingung, karena banyak tersedia di kota pengolah minyak ini. Ada Amplang dengan berbagai rasa hingga Kepiting Lada Hitam.

Satu lagi oleh-oleh makanan yang bisa anda bawa pulang, yaitu “Lemper Sepinggan”. Dari namanya sudah memiliki khas sebuah daerah dan juga mudah dikenal sebagai oleh-oleh kuliner.

Kuliner dengan citarasa gurih ini yang biasanya menghiasi kuliner di pulau Jawa, ternyata juga ada di kota Balikpapan.

Lemper Sepinggan ini diisi dengan menggunakan daging ayam yang dimasak gurih dengan menggunakan air dan santan yang diberi bumbu berupa bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, daun salam, serai dan garam. Yang berbeda adalah tidak hanya dikukus, tapi juga dibakar sehingga citarasanya membuat berbeda.

Menurut owner Lemper Sepinggan Muhammad Syafiq, lemper Sepinggan memiliki berbagai rasa, ada daging cincang, daging ayam, ikan tuna, kepiting dan lainnya.

“Makanan bercitarasa gurih ini dibungkus dengan daun pisang. Satu kepal ketan akan dibentuk lonjong lalu dipipihkan dan diisi dengan daging ayam dan lainnya,” kata pria yang akrab disapa Syafiq, Sabtu (3/11/2018).

Bahkan saat ini lemper Sepinggan tidak hanya ada di outlet oleh-oleh tapi juga hadir di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Proses Pembakaran lemper. Foto: Ferry Cahyanti

Untuk memperoleh satu buah lemper Sepinggan anda hanya merogoh Rp8.000. Kuliner lemper Sepinggan ini hadir sejak tahun 2014 dan menjadi alternatif pilihan masyarakat maupun pengunjung.

Penasaran dengan kuliner jajanan tradisional ini? Silahkan mencobanya, saat anda berkunjung ke kota Balikpapan.

Baca Juga
Lihat juga...