Menhub Dorong Banyuasin Jadi Percontohan Transportasi Sungai

JAKARTA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mendorong Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, dijadikan sebagai model percontohan penyelenggaraan transportasi sungai di Indonesia, karena diyakini akan meningkatkan konektivitas transportasi di Sumsel dan sekitarnya.

“Banyuasin adalah kebanggaan Sumatera Selatan, bahkan Indonesia. Di sini potensi angkutannya adalah angkutan sungai. Sehingga kami ingin menjadikan Banyuasin sebagai percontohan model angkutan sungai di Indonesia,” kata Budi, dalam siaran pers di Jakarta, Minggu.

Dia menjelaskan, bila semua aspek mulai dari pelabuhan dan jenis kapal sudah terpenuhi dengan baik dan bisa dijadikan percontohan, maka fungsi angkutan Sungai Banyuasin pun dapat dipergunakan untuk kegiatan sehari-hari maupun kegiatan untuk mendukung perekonomian daerah.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, mengatakan, saat ini kecamatan-kecamatan yang ada di Sumatera Selatan membutuhkan sarana lalu lintas air agar masyarakat tidak harus ke Palembang untuk mengantar hasil bumi dan sebagainya.

Lihat juga...