Menikmati Senja Eksotis dari Atas Tebing Karst Pantai Kesirat

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

178

YOGYAKARTA — Gunungkidul selama ini dikenal sebagai kawasan pegunungan karst yang memiliki pesona keindahan pantai dengan hamparan pasir putihnya yang menawan.

Namun ternyata tak hanya dengan hamparan pasir putih saja yang terdapat di Gunungkidul. Pantai karang dengan tipikal jajaran tebing tinggi terjal memiliki daya tarik tersendiri di daerah dengan sebutan Jogja Lantai Dua ini.

Salah satunya adalah Pantai Kesirat yang terletak di dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Lokasi ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati panorama dan suasana sunset atau matahari terbenam di Yogyakarta.

Terletak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta,  Kesirat merupakan pantai eksotis dengan jajaran tebing setinggi kurang lebih 30 meter yang menghadap langsung ke arah sisi barat, tempat terbenam matahari.

Di tengah pantai ini, tepatnya bagian ujung tebing yang menghadap ke laut lepas, terdapat sebuah pohon Ketepeng besar, yang menjadi icon. Diapit dua buah bukit kecil, menawarkan suasana dan panorama eksotis senja hari di kawasan pantai pegunungan karst.

Lokasi tersembunyi serta suasananya yang masih sepi dari pengunjung menjadikan sangat cocok untuk melepas penat. Setiap sore hari serta akhir pekan tak jarang sejumlah pengunjung mendirikan kemah-kemah kecil untuk bermalam di hamparan padang rumput pantai ini.

Selain itu sejumlah pemancing juga kerap datang, karena spotnya yang sangat cocok untuk memancing. Khususnya para penyuka rock fishing atau memancing dari atas bebatuan karang terjal. Terlebih pantai ini dikenal sebagai spot berkumpulnya ikan-ikan besar di laut selatan.

Salah seorang warga setempat, yang juga pengelola pantai Kesirat, Yatno, menuturkan setiap minggunya ada sekitar 100-200 pengunjung yang datang. Pihak pengelola tidak menarik tiket kecuali hanya biaya parkir.

Meski memiliki akses jalan masuk yang sudah sangat bagus berupa, jalan beraspal, namun belum banyak fasilitas pendukung yang dibangun. Toilet umum, gazebo, maupun mushola belum nampak terlihat di sekitar kawasan.

Salah seorang warga setempat, yang juga pengelola pantai Kesirat, Yatno. Foto: Jatmika H Kusmargana

Meski begitu sejumlah warung-warung milik warga nampak beberapa sudah berdiri di tak jauh dari lokasi parkir. Hanya saja warung-warung tersebut hanya buka pada waktu-waktu tertentu seperti misalnya saat akhir pekan Sabtu-Minggu saja.

“Memang sudah ada rencana untuk mendirikan sejumlah fasilitas seperti gazebo. Namun sampai saat ini belum terwujud. Karena kemarin yang diprioritaskan adalah membangun akses jalan masuk terlebih dahulu. Sekarang sudah jadi,” katanya.

Untuk bisa mencapai, salah satu rute tercepat dari kota Yogyakarta dapat ditempuh melalui jalan raya Imogiri-Panggang. Sesampai di pertigaan Panggang, ambil arah kiri menuju jalan Panggang-Saptosari. Sebelum sampai pertigaan arah Pantai Gesing, ambil arah kanan mengikuti petunjuk ke Pantai Kesirat.

Dengan kendaraan bermotor, dari Yogyakarta, perjalanan menuju pantai Kesirat bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam. Pantai Kesirat ini juga sejalur dengan sejumlah pantai lain sekitarnya antara lain pantai Wohkudu dan Pantai Grigak.

Baca Juga
Lihat juga...