Moratorium Pengiriman TKI Masih Tetap Berlaku

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri - Dok CDN

BOGOR – Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri, menegaskan, moratorium pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri, masih tetap berlaku sampai saat ini.

“Siapa yang bilang mau buka? Menaker sampai hari ini tetap moratorium. Nggak ada,” kata Hanif Dhakiri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (2/11/2018).

Hanif membantah, jika ada pihak yang menyatakan bahwa pemerintah berencana membuka moratorium pengiriman TKI ke luar negeri. Sampai saat ini, moratorium tersebut tetap berlaku, dan tidak ada rencana dari pihaknya untuk membuka. “Oh enggak ada. Nggak ada, nggak ada sama sekali,” tegasnya.

Tercatat hingga saat ini, Pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan moratorium pengiriman TKI ke-21 negara di Timur Tengah, di antaranya ke Arab Saudi, Irak, Iran, Kuwait, Lebanon, Libya, dan Pakistan.

Berbagai kebijakan lain juga diterapkan oleh Kemenaker di antaranya, membenahi sistem penempatan dan perlindungan TKI. Salah satunya melalui penerbitan Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) No.22/2014, tentang Pelaksanaan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri.

Regulasi tersebut mengatur dengan ketat, Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS). Pemerintah Indonesia, melalui Kemenaker, juga membuat program pemberian sanksi berupa pencabutan Surat Izin Pengerahan (SIP) TKI, jika di lapangan terbukti melakukan pelanggaran. (Ant)

Lihat juga...