MU Bidik Brighton untuk Gantikan David de Gea

Editor: Mahadeva WS

574
Kiper Brighton, Mat Ryan, menjadi buruan utama United sebagai calon pengganti De Gea. Foto: brightonandhovealbion.com / Sodik

MANCHESTER – Kejutan datang dari Old Trafford. Manchester United, dikabarkan menjadikan kiper Brighton & Hove Albion, Mat Ryan, sebagai target utama menggantikan David de Gea.

Hal itu akan dilakukan, jika kiper asal Spanyol itu memutuskan pergi dari Old Trafford. Keputusan The Red Devils bukan tanpa alasan. De Gea menolak menandatangani kontrak baru yang disodorkan manajem. Dengan begitu, United harus bersiap menghadapi musim kompetisi yang keras tanpa kiper Spanyol tersebut di bawah mistar gawang. Tak ingin terlambat, United pun mulai melakukan perburuan kandidat pengganti De Gea.

Yang mengejutkan, Mat Ryan ada di urutan teratas sebagai calon kiper nomor wahid United. Ryan dinilai bisa menjadi solusi, saat Jose Mourinho kehilangan kepercayaan diri untuk menahan De Gea tetap berseragam merah milik United. Di sisi lain, De Gea yang memiliki hasrat kembali ke Madrid, harus berhitung ulang, karena Los Blancos yang semula sangat serius menginginkan jasanya, telah memboyong Thibaut Courtois dari Chelsea.

Tapi, opsi lain terbuka lebar. Juventus dikabarkan sangat serius menginginkan jasa De Gea. Tak hanya Si Nyonya Tua, julukan Juventus, raksasa Ligue 1 Paris Saint-Germain (PSG) juga siap memenuhi keinginan kiper 27 tahun itu, asal ia mau berlabuh di Paris. PSG sangat berambisi membangun skuad mumpuni, yang dapat mempersembahkan trofi Liga Champions.

Sedangkan Ryan, meski tidak cukup populer, namun performa kiper 26 tahun itu terbilang cukup impresif bersama Brighton, sejak ia bergabung dari Valencia pada Juli 2017, dengan mahar hanya lima juta poundsterling. Dia disanjung saat tampil gemilang dan turut mengantar tim mengalahkan West Ham 1-0 pada 6 Oktober silam. Pada 20 Oktober, giliran tuan rumah Newcastle yang dibuat pusing menghadapi ketangguhan Mat Ryan. Newcastle pun dipaksa takluk juga dengan skor 0-1. Kemudian Wolves juga dipaksa takluk dengan skor sama 1-0 pada 27 Oktober lalu dan mengangkat posisi Brighton ke urutan 11 klasemen sementara Liga Primer.

Kubu United sangat yakin, Kiper yang pernah menyandang predikat kiper terbaik di Belgia saat membela Club Brugge tersebut, sudah siap menjadi bagian dalam salah satu dari enam tim besar Liga Primer. Ryan sendiri masih menyisakan kontrak 3,5 tahun bersama Brighton. Sejauh ini, Brighton masih berusaha keras membentengi kepergian benteng terakhirnya. Tapi kepergian kiper asal Australia ini akan sulit dicegah, jika United datang dengan proposal menggiurkan.

Baca Juga
Lihat juga...