Musim Hujan di Kota Bekasi Diprediksi Hingga Mei 2019

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

154
Edy Sukamto Kepala Rehabilitas Rekonstruksi BPBD Kota Bekasi. Foto: Muhammad Amin

BEKASI — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, menyebutkan secara umum musim hujan di wilayah tersebut terjadi di November 2018 hingga Mei 2019. 

Kepala Rehabilitas Rekonstruksi BPBD Kota Bekasi, Edy Sukamto menyebutkan, BMKG juga memprediksi gangguan cuaca atau iklim skala global. Indikasi fenomena El Nino dengan kategori lemah hingga moderat diprediksi dari Oktober 2018 hingga Maret 2019.

Diperlukan kesiapsiagaan ketika memasuki awal musim hujan di bulan November 2018. Terkait dengan bencana banjir, tanah longsor dan puting beliung, Pemerintah Kota Bekasi tengah menunggu surat edaran dari Gubernur Jawa Barat.

Pihaknya juga melakukan persiapan seperti tenda, perahu, logistik untuk korban bencana yang berasal dari Tahun Anggaran 2018.

“Pada dasar, Kami dari BPBD siap bila terjadi bencana banjir,” tukasnya di Bekasi, Rabu (7/11/2018).

Beberapa daerah yang harus diwaspadai dan diantisipasi di musim hujan ini meliputi, Kecamatan Jatiasih, seperti di wilayah Nasio, Graha Indah, Kemang Ifi, Komplek IKIP. Untuk wilayah kecamatan Medan Satria, antaranya Jalan Raya pejuang, Perumahan Pondok Sani, Perumahan pejuang Pratama, dan Jalan Kaliabang Hilir.

Sedangkan wilayah Bekasi timur Perumahan Kartini, dan wilayah Kecamatan Rawalumbu perumahan Pondok Hijau Permai dan Komplek Narogong indah.

Wilayah Selatan yang perlu diwaspadai pangkalan bamboo, perumahan Bumi Satria Kencana, Komplek Kejaksaan, Perumahan Taman Cikunir Indah, Perumahan Masnaga.

“Wilayah Kecamatan Bekasi Barat Komplek Bumi Fajar Indah, Komplek Depnaker , Kampung Pulo Gede dan Kampung Poncol Jaya,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...