Operasional Wahana Permainan Bianglala Sekaten, Dihentikan

Editor: Koko Triarko

227
YOGYAKARTA – Sehari pascainsiden terhenti dan terbaliknya wahana permainan bianglala di PMPS, operasional seluruh wahana permainan bianglala di kawasan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) Alun-Alun Utara Yogyakarta, mulai hari ini dihentikan sementara.
“Memang sejak insiden kemarin malam, semua wahana drumolem (bianglala) malam ini untuk sementara tidak beroperasi. Karena menunggu dilakukan pengecekan keamanan. Namun untuk wahana lain, selain bianglala masih boleh beroperasi,” ujar salah seorang pegawai pengelola wahana permainan Diana Ria, Mukti, Senin (12/11/2018).
Pihak pengelola wahana permainan mengaku belum mengetahui sampai kapan pengecekan keamanan dari pihak berwenang ini selesai dilakukan.
Mukti hanya bisa menungu hingga pihak terkait mengizinkan kembali pengoperasian wahana permainan bianglala tersebut.
Pengelola wahana permainan ‘Diana Ria’, Mukti -Foto: Jatmika H Kusmargana
“Kita belum tahu sampai kapan harus berhenti sementara beroperasi. Yang jelas masih menunggu izin dari pihak terkait,” katanya.
Sementara itu, mMeski sempat terjadi insiden pada Minggu kemarin, antusiasme masyarakat untuk menikmati wahana permainan rakyat di PMPS Alun-Alun Utara Yogyakarta masih tampak tinggi.
Meski tak seramai biasanya, sejumlah pengunjung nampak memadati dan mengantre untuk naik sejumlah wahana, seperti kora-kora, tong setan, komedi putar, dan sebagainya. Mayoritas mereka adalah para anak-anak dan remaja berusia belasan tahun.
Salah seorang pengunjung, Billy Nurggraha (16), mengaku tetap antusias menaiki wahana permainan berupa kora-kora, meski mengetahui adanya insiden bianglala pada Minggu, kemarin.
Meski sedikit khawatir, ia mengaku percaya kepada pihak pengelola karena sudah terbiasa menaiki wahana semacam ini setiap tahunnya.
“Memang setelah ada peristiwa kemarin sempat khawatir. Tapi kan pasti setelah ada kejadian, pihak pengelola pasti melakukan pengecekan agar hal semacam itu tidak terulang kembali. Apalagi hal semacam itu kan tidak disengaja, jadi belum tentu hal serupa akan terjadi lagi. Yang penting positif, aja,” katanya.
Sebagaimana diketahui, sejak adanya insiden terhenti dan terbaliknya wahana permainan bianglala di PMPS Alun-Alun Utara Yogyakarta Minggu kemarin, pihak berwenang, baik Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta maupun Polresta Yogyakarta, hari ini memanggil seluruh pengelola wahana permainan untuk meminta keterangan terkait peristiwa tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dan memastikan izin serta standar keamanan maupun keselamatan setiap wahana permainan.
Baca Juga
Lihat juga...