Pakistan dan Afghanistan, Bicarakan Agenda Pemulangan Pengungsi

163
Ilustrasi wilayah Pakistan - Dokumentasi CDN

ISLAMABAD – Pakistan dan Afghanistan membicarakan persoalan pengungsi Afghanistan dan warga lain Afghanistan, yang tinggal secara tidak sah di Pakistan. Pembicaraan dilakukan di Islamabad, Pakistan.

Kedua pihak membahas berbagai cara untuk meningkatkan kerja sama timbal-balik bagi pemulahan yang bermartabat, bertahap, terikat waktu dan menyeluruh warga negara Afghanistan ke negara mereka,” kata satu pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Pakistan pada Rabu (7/11).

Dalam pertemuan tersebut, diputuskan para pengungsi diminta untuk mematuhi prosedur, dan batas waktu yang disepakati, bagi pemulangan para pengungsi tersebut ke Afghanistan. Kedua negara telah membentuk kelompok kerja, mengenai pengungsi berdasarkan Rencana Aksi Pakistan-Afghanistan bagi Perdamaian dan Kestabilan (APAPPS).

Rencana aksi gabungan, bagi kerja sama di bidang kontra-terorisme dan pengurangan kerusuhan. Untuk mewujudkan perdamaian dan perujukan, pemulangan pengungsi dan pembangunan ekonomi bersama.

Kelompok kerja tersebut, menangani prinsip kontak rutin dan langsung, di kalangan kementerian terkait di kedua negara, di bawah payung kerja sama politik-diplomatik. “Kedua pihak sepakat, untuk secara optimal memanfaatkan forum tersebut, guna memperdalam keterlibatan, komunikasi dan pemahaman bagi pemulangan dini, dan permukiman kembali pengungsi Afghanistan,” kata pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Pakistan, Kamis (8/11/2018).

Pertemuan selanjutnya dari kelompok kerja mengenai pengungsi akan diselenggarakan di Ibu Kota Afghanistan, Kabul. Pakistan, hingga kini masih menampung 1,4 juta pengungsi Afghanistan, yang terdaftar dan memegang bukti berupa kartu pendaftaran (PoR). Beberapa ribu pengungsi tanpa dokumen juga tinggal di Pakistan. “Selain pemegang PoR, ada 880.000 orang didokumentasikan pada awal tahun ini, dan memegang Kartu Kewarganegaraan Afghanistan (ACC),” kata Wakil Duta Besar Afghanistan, Zardasht Shams. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...