Pantai Kata di Pariaman, Banyak Pepohonan Rimbun

Editor: Satmoko Budi Santoso

178

PARIAMAN – Hampir sebagian besar orang saat berada di tempat yang begitu indah, akan sulit menyatakan kata-kata, sebagai ungkapan rasa kagum dan bahagia bisa menikmati keindahan.

Salah satu tempat yang indah itu adalah kawasan pantai. Ada sebuah pantai yang dikenal dengan Pantai Kata. Dengan adanya nama Pantai Kata, Kota Pariaman lebih mudah diingat wisatawan.

Untuk mengakses tempat ini tidaklah terlalu sulit dan jauh. Apabila dihitung dari Bandara Internasional yang ada di Kabupaten Padang Pariaman, hanya butuh waktu paling jauh 26,8 km, lewat Jalan Syekh Burhanuddin.

Dekatnya akses ke Pantai Kata, karena terletak di Desa Taluak. Aksesibilitas ke pantai ini sangat baik karena didukung oleh jaringan jalan menuju Bandara Internasional Minangkabau dan sarana transportasi kota.

Jarak dari pusat kota ± 3 km. Daya tarik alam antara lain pantai landai, ombak sedang, pemandangan menarik, landscape baik dan lingkungan pantai relatif terjaga dengan pepohonan yang rindang. Daya tarik budayanya juga dekat perkampungan nelayan sehingga dapat melihat dari dekat aktivitas para nelayan.

Terletak di pantai paling selatan Kota Pariaman, pantai ini membentang di Desa Taluk dan Kelurahan Karan Aur. ’Kata’ sendiri adalah kependekan dari nama dua desa yang berdekatan itu.

Menawarkan panorama alam pantai yang masih asri dan alami, pantai ini cocok bagi yang suka dengan aktivitas berjalan kaki. Di samping itu, bagi pecinta olahraga bersepeda, pantai ini pun adalah pilihan yang pas.

Pantai ini menawarkan jalan setapak berkelok menyusuri undakan-undakan pasir di antara rimbun pohon pinus. Hal inilah yang membuat masyarakat atau pun wisatawan tertarik datang ke Pariaman.

Putri pengunjung yang ada di Pantai Kata Pariaman, Sumatera Barat. Ia memilih datang ke Pantai Kata karena cocok untuk wisata bersama keluarga/Foto: M. Noli Hendra

Putri, salah seorang pengunjung di Pantai Kata Pariaman, mengatakan, berwisata di Pantai Kata tidak hanya sekedar menikmati pemandangan pantai dan teduhnya pepohonan. Tapi, di kawasan itu juga banyak dijual kuliner khas Pariaman, Sumatera Barat.

“Asyiknya itu sebenarnya sore hari, karena sunset bagus. Tapi dikarenakan di sini ada taman bermain anak-anak, saya bersama keluarga kadang-kadang memilih untuk datang di waktu siang. Karena tempat ini cocok juga untuk bermain anak-anak,” katanya, Minggu (11/11/2018).

Putri yang merupakan wisatawan lokal mengaku, terpesona dengan Pantai Kata. Memang tiada kata-kata apa pun yang bisa diucapkan, sebegitu bahagianya berada di Pantai Kata. Pantai Kata romantis dan tenang, adalah hal yang cocok untuk diungkapkan.

Pasir putih, lingkungan bersih, anginnya begitu teduh terasa. Pepohonan yang rimbun, air pantai yang tenang. Ditambah lezatnya kuliner seperti sala lauak (ikan), nasi sek, sate Pariaman, dan banyak lagi kuliner yang bisa dinikmati saat berada di Pantai Kata.

Bersebelahan dengan Pantai Kata, ada Pantai Gandoriah yang tidak kalah terkenal. Tempat wisata Gandoriah sudah terkenal hingga mancanegara. Hal ini dikarenakan adanya pelaksanaan Pesta Tabuik yang digelar setiap tahun atau bertepatan pada bulan Muharram tahun Hijriyah.

Baca Juga
Lihat juga...