Pembangunan MRT Capai 97 Persen

Editor: Mahadeva WS

135

JAKARTA – Perkembangan pelaksanaan pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, sudah mencapai 97 persen. Rencananya, proses pembangunan akan selesai di Desember 2018.

Awal tahun 2019 nanti, warga DKI diperkirakan sudah bisa mencoba MRT. “Sejauh ini, progressnya sudah 97,08 persen dan kami akan teruskan ini sampai Desember. Nanti mulai Januari, kami mengundang warga untuk menggunakan MRT secara terseleksi, jadi belum dibuka secara umum tapi diundang untuk sekaligus juga untuk simulasi,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Selasa (6/11/2018).

Anies Baswedan mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan pembangunan MRT. Peninjauan dilakukan untuk memastikan MRT dan infrastrukturnya di stasiun berfungsi baik. Adapun yang diuji coba dalam peninjauan tersebut adalah, kesiapan infrastruktur, termasuk kelaikan dan keamanan kereta MRT Jakarta untuk dioperasionalkan. Sistem kereta akan dilatih dengan penumpang, meskipun terbatas.

Hal itu untuk membantu membiasakan petugas dengan penumpang. Saat ini, petugas bekerja tanpa penumpang, untuk aspek infrastruktur. Jika kereta dan infrastruktur sudah siap dan aman dioperasionalkan, di awal 2019 nanti warga bisa mencoba menggunakannya, sekaligus memberikan kesempatan kepada pengelola untuk berlatih mengelola penumpang.

“Sesudah Januari, baru mulai mengelola penumpang, dengan adanya penumpang, sistem dilatih melayani dan mengelola penumpang meski jumlahnya terbatas. Itu untuk memaksa petugas terbiasa dengan penumpang, selama ini semua petugas bekerja tanpa ada penumpang, itu semata-mata untuk aspek infrastruktur,” tuturnya.

Uji coba berpenumpang di Januari hingga Februari 2019, akan melibatkan 200 orang penumpang setiap kali perjalanan. Akan dilakukan seleksi warga yang bisa ikut mencoba. Direncanakan, Desember 2018, seluruh 16 rangkaian kereta tiba di Depo Lebak Bulus. Kemudian, pada akhir Desember 2018, akan dimulai fase trial run atau uji coba operasi. Uji coba operasi akan berlangsung selama tiga bulan sampai dengan Maret 2019.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, mengatakan, pada Januari hingga Februari 2019, MRT bisa diujicobakan untuk warga secara terbatas. Penumpang yang diangkut 200 orang untuk satu kali perjalanan. Dalam peninjauan tersebut, Presiden Joko Widodo dan Anies Baswedan mencoba MRT dari Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI), menuju Depo MRT Lebak Bulus dan kembali lagi ke Stasiun MRT Bundaran HI.

Baca Juga
Lihat juga...