Pemkab di Kalteng Perlu Perhatikan Rumah Veteran

154

PALANGKA RAYA  – Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri, menilai pemerintah kabupaten/kota se-Kalteng perlu memprogramkan rehab rumah veteran dan pejuang kemerdekaan, seperti yang telah dilaksanakan pemerintah provinsi beberapa tahun terakhir.

“Rehab rumah tersebut sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa mereka memerdekakan Republik Indonesia, sekaligus memberikan fasilitas yang layak kepada para veteran maupun pejuang kemerdekaan yang ada di Provinsi Kalteng,” kata Fahrizal, usai memimpin upacara memperingati Hari Pahlawan ke-73 di halaman perkantoran Gubernur Kalteng, Sabtu.

Dia mengatakan, kalau untuk di Pemprov Kalteng, rehab rumah tersebut tetap dilaksanakan setiap tahun. Pihaknya juga memberikan berbagai bantuan pada saat memperingati Hari Pahlawan. Harapannya kabupaten/kota se-Kalteng bisa juga mengikutinya.

Fahrizal mengharapkan Hari Pahlawan yang kembali diperingati pada 10 November 2018, menjadi momentum untuk meningkat jiwa patriotisme seluruh elemen masyarakat.

Selain itu, katanya, semakin banyak muncul pahlawan-pahlawan masa kini yang berjuang dan berkontribusi terhadap kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Fahrizal mengatakan, sekarang ini yang juga sangat perlu adalah menegakkan serta meningkatkan rasa kesetiakawanan, sebab melalui kesetiakawanan tersebut, berbagai perbedaan suku, agama, golongan dan lainnya tidak akan pernah menjadi permasalahan.

“Era digital seperti saat ini, seluruh lapisan masyarakat, khususnya generasi muda, juga perlu memahami dan tidak mudah terprovokasi oleh berbagai informasi yang beredar. Jangan sampai informasi-informasi itu memecah belah bangsa ini,” ucapnya.

Fahrizal yang juga menjabat Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kalteng itu mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bijaksana menggunakan media sosial. Apabila ada informasi atau berita bohong, tidak perlu dibagikan ke khalayak ramai, dan cukup disimpan sendiri.

“Mari kita maknai peringatan Hari Pahlawan dengan memajukan bangsa Indonesia melalui bidang kita masing-masing. Dan, jangan mudah terprovokasi oleh informasi-informasi yang masih diragukan kebenarannya,” kata Fahrizal. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...