Pemprov DKI Borong Empat Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan

JAKARTA — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meraih empat penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (Integra) 2018 dari Kementerian Ketenagakerjaan.

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri memberikan penghargaan tersebut kepada Pemprov DKI Jakarta, yang diterima Gubernur Anies Baswedan, bersama daerah-daerah lain yang berprestasi dalam pembangunan ketenagakerjaan pada acara Penganugerahan Penghargaan Integra 2018 di Jakarta, Senin (19/11/2018).

“Pemerintah akan semakin fokus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Bagaimana pun, SDM (sumber daya manusia), yang terampil menjadi kunci untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Menteri Hanif dalam sambutannya pada acara tersebut.

Menaker menambahkan, pembangunan ketenagakerjaan selama empat tahun terakhir menunjukkan kemajuan yang cukup baik. Tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) mencapai 67,26 persen, tingkat pengangguran berada yang kisaran rendah yakni 5,34 persen, serta tingkat pekerja yang bekerja di sektor formal mencapai 43,16 persen.

Dalam acara ini, ada 19 kategori penghargaan yang diserahkan Kementerian Ketenagakerjaan kepada 13 pemerintah daerah sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian pembangunan ketenagakerjaan di masing-masing daerah.

Ada pun Pemprov DKI Jakarta menyabet empat kategori, yakni Provinsi Dengan Indikator Utama Jaminan Sosial Tenaga Kerja Terbaik, Provinsi Dengan Indikator Utama Produktivitas Tenaga Kerja Terbaik, Provinsi Dengan Indikator Utama Kesempatan Kerja Terbaik, dan Provinsi Dengan Urusan Ketenagakerjaan Sedang (Terbaik Kedua).

Dalam menentukan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK) 2018, Kementerian Ketenagakerjaan mengukur sembilan indikator utama dan 22 subindikator Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan.

Dari pengukuran tersebut, diperoleh daerah-daerah yang mendapatkan IPK tertinggi dari berbagai kategori yang sekaligus menjadi penerima penghargaan Integra 2018, yaitu: Provinsi Dengan Akselerasi Indeks Terbaik: Sulawesi Utara.

Provinsi Dengan Indikator Utama Perencanaan Tenaga Kerja Terbaik: D.I. Yogyakarta, Provinsi Dengan Indikator Utama Penduduk dan Tenaga Kerja Terbaik: Bali Provinsi Dengan Indikator Utama Kesempatan Kerja Terbaik: DKI Jakarta, Provinsi Dengan Indikator Utama Pelatihan Dan Kompetensi Kerja Terbaik: Kalimantan Selatan.

Provinsi Dengan Indikator Utama Produktivitas Tenaga Kerja Terbaik: DKI Jakarta, Provinsi Dengan Indikator Utama Hubungan Industrial Terbaik: Sumatera Barat, Provinsi Dengan Indikator Utama Kondisi Lingkungan Kerja Terbaik: Jawa Tengah, Provinsi Dengan Indikator Utama Pengupahan dan Kesejahteraan Pekerja Terbaik: Jawa Barat.

Provinsi Dengan Indikator Utama Jaminan Sosial Tenaga Kerja Terbaik: DKI Jakarta. Lalu, Provinsi Dengan Urusan ketenagakerjaan Besar Terbaik Pertama: Sulawesi Selatan, Terbaik Kedua: Jawa Timur Terbaik Ketiga: Jawa Tengah.

Provinsi Dengan Urusan Ketenagakerjaan Sedang, Terbaik Pertama: Kalimantan Timur, Terbaik Kedua: DKI Jakarta, Terbaik Ketiga: D.I. Yogyakarta. Provinsi Dengan Urusan Ketenagakerjaan Kecil, Terbaik Pertama: Sulawesi Tengah, Terbaik Kedua: Kalimantan Utara, Terbaik Ketiga: Sulawesi Utara. (Ant)

Lihat juga...