Perampingan OPD di Papua Diharapkan Jadi Model Percontohan

316

JAYAPURA  – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Hery Dosinaen, mengatakan, perampingan organisasi perangkat daerah (OPD) akan dilakukan oleh pihaknya di lingkungan pemerintah setempat dan ke depan diharapkan menjadi model percontohan untuk wilayah lain di Indonesia.

“Kementerian Dalam Negeri justru mengapresiasi Pemerintah Provinsi Papua, di mana sebetulnya kementerian ini hendak mengevaluasi PP Nomor 18 tahun 2016 tentang aturan perangkat daerah,” katanya di Jayapura, Sabtu.

Menurut Hery, pada prinsipnya disetujui, akan tetapi ada beberapa item yang menjadi catatan terpenting untuk pembahasannya. “Di mana realisasinya masih sedang dibicarakan bersama kementerian terkait dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB),” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe, menginsyaratkan akan merampingkan atau menciutkan organisasi perangkat daerah (OPD) menjadi hanya 30 instansi dari sebelumnya ada 50-an instansi.

“Kami akan membentuk tim untuk merampingkan jumlah birokrasi di Papua yang sangat ‘gemuk’, sehingga diharapkan paling lambat di awal 2019 mendatang, perampingan bisa terlaksana,” katanya lagi.

Lukas menjelaskan perampingan ini juga merupakan amanat UU, sehingga dalam pertemuan belum lama ini disampaikan kepada pimpinan OPD harus siap terima dan jangan ada gugatan.

“Dalam artian pimpinan OPD yang ada saat ini harus siap terima kalau-kalau nanti tidak dilibatkan lagi dalam pemerintahan, sebab ada perampingan jabatan,” ujarnya lagi. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...