PLN Normalkan dengan Cepat Gangguan Transmisi Sambutan-Bukuan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

188
Zulkarnain selaku Manajer Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (UIW Kaltimra). Foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN — Minggu (25/11) pukul 15.38 WITA Sistem Mahakam mengalami gangguan yang terjadi pada transmisi 150 KV pada jalur Gardu Induk (GI) Sambutan-Bukuan, akibatnya berdampak pada hilangnya daya pada sisi pelanggan di sebagian Samarinda daerah Sambutan, Muara Badak, Bontang dan Sangata Provinsi Kalimantan Timur. Namun beberapa jam pasca terjadinya gangguan ini, tim PLN telah berhasil menormalkan pasokan listrik kepada pelanggan.

Manajer Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (UIW Kaltimra), Zulkarnain menuturkan indikasi penyebab gangguan ini sementara, akibat sambaran petir yang mengakibatkan sistem terganggu.

Pasca gangguan, tim di lapangan langsung berupaya maksimal untuk menormalkan kembali pasokan listrik kepada pelanggan secara bertahap, dengan membangun sistem kelistrikan island di Bontang.

“Sistem island atau lokal Bontang kami bangun untuk mempercepat recovery daya yang hilang pasca gangguan, karena fokus kami adalah pemulihan distribusi listrik untuk pelanggan. Paralel tim lapangan juga menelusuri penyebab utama gangguan pada transmisi tersebut,” jelas dia.

Setelah dibangunnya sistem island Bontang, lanjut Zulkarnain, pukul 16.04 WITA suplai listrik sudah mulai masuk pada beberapa penyulang di Bontang. Pada pukul 17.49 WITA sistem sudah dilaporkan kembali sinkron dengan sistem interkoneksi.

“Pukul 17.49 WITA listrik untuk pelanggan yang terdampak padam sudah kembali normal. Mewakili PLN Wilayah Kaltimra, kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan atas ketidaknyamanan ini. Tentunya doa dan dukungan dari pelanggan merupakan semangat kami untuk terus berbenah meningkatkan kualitas pelayanan kami,” tutup Zulkarnain.

Baca Juga
Lihat juga...