Produk Kesehatan Berbahaya, BBPOM Yogya Terus Edukasi Masyarakat

Editor: Satmoko Budi Santoso

143

YOGYAKARTA – Plh Kepala Balai Besar POM (BBPOM) Yogyakarta, Dra. Diah Tjahjonowati, Apt, M.Si, menyatakan, terus berupaya mengedukasi masyarakat untuk mengenal dan mengetahui produk-produk kesehatan berbahya yang beredar di masyarakat.

Pasalnya hingga saat ini diketahui masih banyak produk berbahaya yang beredar di pasaran dan di tengah masyarakat. Dengan mengetahui risikonya terhadap kesehatan, diharapkan masyarakat dapat melakukan antisipasi sedini mungkin.

Plh Kepala Balai Besar POM Yogyakarta, Dra. Diah Tjahjonowati, Apt, M.Si (kanan) – Foto Jatmika H Kusmargana

“BBPOM memiliki peran strategis untuk melindungi masyarakat. Karena ternyata masih banyak bahan berbahaya dan produk ilegal obat, makanan dan kosmetika yang beredar,” ujarnya,  Jumat (9/11/2018).

Selama tahun 2018, BBPOM sendiri menyatakan, telah melakukan 12 rilis hasil temuan pengawasan yang dilakukan di tengah masyarakat. Di antaranya adalah aksi penertiban pasar hingga pemantauan jelang Ramadan.

“Dengan perkembangan era digital saat ini, upaya edukasi berbasis teknologi menjadi sangat penting. Sehingga informasi dapat dengan cepat diterima masyarakat. Media massa sebagai partner, juga memiliki peran vital. Yakni untuk membentuk opini dan menyampaikan informasi,” katanya.

Melalui Pertemuan Jejaring Komunikasi Massa yang berlangsung di aula kantor setempat, BBPOM Yogyakarta sendiri mengajak sedikitnya 30 perwakilan lintas sektoral berasal dari instansi serta media termasuk Cendana News untuk ikut hadir dan berkontribusi memberikan penyadaran kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu, BBPOM Yogyakarta juga mengaku siap menerima berbagai masukan dari masyarakat terkait tugas, pokok, dan fungsinya. Hal itu penting untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait manfaat dan mutu produk yang beredar di pasaran.

Baca Juga
Lihat juga...