PT di Sumbar, Diminta Urus Akreditasi

Editor: Mahadeva WS

159
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit/Foto: M. Noli Hendra 

PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengkhawatirkan sarjana yang lulus dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) di Sumatera Barat, sulit mendapatkan pekerjaan. Kekhawatiran tersebut, dipicu belum terakreditasinya PT, sehingga alumninya memenuhi syarat untuk bersaing di dunia kerja.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, meminta setiap PT yang ada di Sumatera Barat, untuk segera mengurus akreditasi. Tercatat, masih ada beberapa PT yang akreditasinya hanya C. Kondisi tersebut, memberatkan sarjana yang lulus dari PT yang belum memiliki akreditasi. Ijazah yang dibawa, akan sulit di terima sebagai syarat untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

“Kalau di Sumatera Barat mungkin saja banyak perguruan tinggi yang belum memiliki akreditasi. Padahal hal mereka terus melahirkan para sarjana. Akibatnya, alumni dari perguruan tinggi itu, terkatung-katung saat mengadu nasib,” tutur Nasrul, Kamis (8/11/2018).

Persoalan akreditasi, seharusnya menjadi terget ke depan PT, untuk diurus. PT harus meningkatkan nilai akreditasinya, sehingga tidak ada kesan membiarkan PT tidak memiliki akreditasi.  “Kita berharap perguruan tinggi ini sesegera mungkin mengurus akreditasinya. Jika, akreditasi C maka naikan ke akreditasi B. Kalau dapat hingga akreditasi A. Karena hal ini menyangkut masa depan dari mahasiswa,” tandasnya.

Nasrul menilai, jika pun PT sengaja tidak mengurus akreditasinya. Seharusnya, calon mahasiswa jangan memilih PT yang belum terakreditasi. “Jangan utamakan soal mudahnya biaya sekolah, tapi utama kualitasnya. Karena perguruan tinggi itu, menentukan nasib pekerjaan ke depannya. Mau menganggur atau memiliki pekerjaan. Untuk itu, pertimbangkan betul dalam memilih perguruan tinggi,” sarannya.

Saat ini, akreditasi PT menjadi syarat untuk mendapatkan pekerjaan. Seperti pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pelamar diharuskan lulusan dari PT berakreditasi A atau B. Bagi sarjana dari PT akreditasi C tentu tidak bisa mendaftar seleksi. “Bagi yang akreditasi C atau masih terdaftar, tentu tidak bisa mendaftar, sehingga kasihan kita melihat lulusan tersebut. Meskipun nilainya cumlaude sekalipun, tapi mereka tidak bisa ikut mendaftar,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...