Puluhan Ribu Pelajar di Manokwari Meriahkan Pesta Para Pahlawan

240

MANOKWARI – Puluhan ribu pelajar di wilayah Kabupaten Manokwari, Papua Barat, memeriahkan kegiatan Pesta Para Pahlawan yang dilaksanakan Komando Daerah Militer XVIII/Kasuari, Sabtu.

Para pelajar mengikuti lomba dan serangkaian kegiatan memeriahkan hari Pahlawan 10 November. Pesta pahlawan ini dipusatkan di Lapangan Borarsi Manokwari.

Kegiatan diawali dengan upacara Hari Pahlawan, kemudian dilanjutkan dengan Pesta Para Pahlawan dan Gebyar Masyarakat Manokwari.

Kepala Penerangan Kodam XVIII/Kasuari, Kolonel Inf. Andi Gus Wulandri, di sela kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan serupa juga dilaksanakan secara serentak di 17 kota pada 15 Kodam seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan kerja sama Kodam XVIII/Kasuari dengan Yayasan Pelangi Indonesia,” katanya.

Rangkaian Pesta Para Pahlawan dan Gebyar Masyarakat Manokwari antara lain lomba pawai, lomba yel-yel kebangsaan, pidato, musik, tari, marshing band, pembagian door prize dan piala pemenang lomba.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan doa lintas agama, serta pengobatan massal. Peringatan Hari Pahlawan juga digelar festival kuliner dan belanja murah.

Asisten Gubernur Papua Barat, Raymond Yap, pada kesempatan itu menyatakan, peringatan hari pahlawan, dilaksanakan di seluruh tanah air, termasuk di luar negeri.

Momentum hari pahlawan diharapkan mampu menanamkan sikap pengabdian bagi seluruh anak bangsa. “Harus sarat makna, dapat melahirkan semangat baru. Harus menjadi energi untuk membangun bangsa Indonesia di seluruh pelosok,” kata dia.

Menurut dia, siapa pun dapat menjadi pahlawan dengan berinisiatif mengabdikan seluruh ide dan gagasan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Kegiatan ini diikuti seluruh sekolah di Manokwari, dari Sekolah Dasar hingga SMA dan SMK. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...