Rasa Manis Daging Tebal, Durian Matahari Unggulan di Mekarsari

Editor: Satmoko Budi Santoso

896

JAKARTA – Salah satu durian unggulan yang merupakan varietas asli Indonesia dan dikembangkan di Taman Buah Mekarsari adalah matahari. Durian matahari ini memiliki ciri buah yang hijau kekuningan dan daging buah berwarna kuning keemasan, seperti sinar matahari.

“Durian matahari ini adalah durian lokal unggulan Jawa Barat. Karena daging buahnya berwarna kuning keemasan maka disebut matahari. Yang membuat matahari disukai adalah karena daging buahnya yang tebal dengan tekstur buah yang berserat halus, dan tidak berair. Pasti manis rasanya. Beratnya sendiri bisa mencapai 2-3,5 kg per buah dengan 10-20 pongge per buah,” kata Supervisor Produksi Kebun, Taman Buah Mekarsari, Dudi Zen, kepada Cendana News, Rabu (28/11/2018).

Di Taman Buah Mekarsari sendiri, ada sekitar 230 pohon durian matahari dengan kisaran umur 23 tahun.

“Untuk durian matahari ini bisa dijual antara Rp30-50 ribu per buah. Jika sedang panen, dari setiap pohon bisa menghasilkan 50-200 buah di range waktu Oktober hingga Februari,” ujar Dudi.

Cara pengembangbiakan durian matahari bisa dilakukan dengan generatif menggunakan biji, maupun cara vegetatif bersistem okulasi, cangkok, dan sambung pucuk.

“Untuk pengembangbiakan vegetatif, biasanya digunakan jenis yang biasa. Sementara jenis unggulannya akan dijadikan penyambung di batang atas. Sistem vegetatif ini biasanya digunakan untuk produksi di kebun. Karena di umur 4 tahun, sudah masuk tahap belajar berbuah. Jika dibandingkan dengan sistem generatif, baru akan masuk tahap belajar itu di tahun ke 7 atau 8. Dan biasanya, sistem generatif memungkinkan turunan tidak memiliki sifat yang sama dengan filial atau induknya. Karena adanya mutasi genetis,” papar Dudi.

Tiga tahap perkembangan durian matahari, calon bunga, bunga yang siap untuk penyerbukan dan calon buah – Foto Ranny Supusepa

Ciri-ciri fisik durian matahari adalah memiliki tajuk tanaman kerucut, warna batang coklat, bentuk daun bulat panjang dengan ujung meruncing. Warna permukaan daun atas hijau tua dan warna bawah daun coklat kemerahan.

“Merawat durian matahari ini tidak jauh berbeda dengan varietas durian yang lainnya. Membutuhkan penyiraman, pengendalian, penyiangan, penyerbukan buatan, sortasi buah, pengikatan buah dan panen. Dan memang durian ini, penyerbukan buatannya selalu di waktu malam,” kata Dudi lebih lanjut.

Dudi menyebutkan, pada bulan Desember ini, durian matahari yang ditanam di Taman Buah Mekarsari akan dipanen bersama sekitar 25-an varietas durian lainnya.

“Datang saja di bulan Desember ke Mekarsari, nanti akan bisa melihat langsung berbagai varietas durian yang ada dan mencoba langsung enaknya durian matahari,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...