Setelah Dua Tahun Lebih, Barcelona Akhirnya Tumbang di Kandang

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

179
Lionel Messi mencetak dua gol dari titik putih, namun Barcelona tetap kalah 3-4 dari Real Betis. Foto; fcbarcelona.com

KATALAN — Barcelona, dipaksa menelan kekalahan di kandang sendiri Camp Nou. Menjamu Real Betis pada lanjutan La Liga, Barcelona menyerah 3-4. Dua eksekusi penalti Lionel Messi tak cukup untuk menyelamatkan Barcelona yang juga harus kehilangan Ivan Rakitic pada menit 81.

Kekalahan ini adalah kekalahan kandang pertama dalam dua tahun terakhir, sekaligus mengakhiri catatan apik 42 laga tanpa kekalahan yang dipegang skuad asuhan Ernesto Valverde. Meski begitu, Barcelona tetap memimpin klasemen sementara La Liga.

Bermain di Camp Nou, Betis mampu unggul 2-0 di babak pertama. Junior Firpo membuka keunggulan Betis pada menit 20, disusul gol kedua selang 14 menit kemudian, melalui Joaquin. Barcelona memperkecil ketinggalan menit 68 melalui eksekusi penalti Lionel Messi. Tapi selang tiga menit, Giovani Lo Celso kembali membuat Betis menjauh 3-1.

Enggan dipermalukan di depan pendukung sendiri, Blaugrana menambah gol menit 79 melalui Arturo Vidal. Tapi dua menit kemudian, Ivan Rakitic harus meninggalkan lapangan karena menerima dua kartu kuning. Dua menit berselang, Sergio Canales mengantar Betis menjauh 4-2.

Barcelona terus berusaha mengejar ketinggalan. Lionel Messi kembali memperkecil margin gol di pengujung laga, lagi-lagi melalui titik putih. Tapi gol kedua Messi setelah comeback dari cedera itu, belum sanggup menyelamatkan Barcelona dari kekalahan.

Sementara itu, hasil impresif yang diraih Real Madrid di bawah kendali pelatih caretaker Santiago Solari terus berlanjut. Senin pagi, Los Blancos kembali mengemas kemenangan 4-2 atas tuan rumah Celta Vigo yang bermain dengan 10 orang di menit 87 setelah Gustavo Cabral menerima kartu kuning kedua.

Tambahan tiga poin membuat Madrid perlahan memperbaiki posisi di papan klasemen. Tim ibu kota Spanyol kini berada di urutan enam klasemen La Liga hasil dari 12 laga, terbaut satu poin dari Espanyol di urutan lima.

Karim Benzema menginspirasi kemenangan Los Blancos di Municipal de Balaidos dengan mencetak gol pembuka pada menit 23. Namun permainan ketat dan keras tidak menghasilkan tambahan gol selain empat kartu kuning, satu bagi Madrid dan tiga bagi Celta Vigo.

Madrid menambah gol di menit 56, setelah Gustavo Cabral melakukan gol bunuh diri. Tapi tuan rumah pantang menyerah. Hugo Mallo memperkecil ketinggalan menjadi 1-2 pada menit 61. Sayang kapten Madrid, Sergio Ramos kembali menambah gol tim tamu melalui titik putih pada menit 83.

Empat menit kemudian, Vigo kehilangan Cabral yang harus meninggalkan lapangan setelah menerima kartu kuning kedua. Kondisi itu dimanfaatkan Madrid untuk menambah gol melalui Dani Ceballos.

Kehilangan satu pemain tetap tak membuat Celta Vigo menyerah. Di penghujung laga, Vigo masih sempat mencetak gol melalui Brais Mendez dan memastikan skor akhir 2-4.

Laga lain di La Liga

Deportivo Alaves 2-1 SD Huesca

Rayo Vallecano 2-2 Villarreal

Sevilla FC 2-1 Espanyol

Baca Juga
Lihat juga...