Sistem Meterisasi, Hemat Penggunaan Listrik di Jalinsum

Editor: Satmoko Budi Santoso

153

LAMPUNG – Sebanyak 92 titik lampu penerangan jalan umum (LPJU) di sepanjang jalan lintas Sumatera (Jalinsum) diperbaiki.

Bayu, kontraktor dari PT. Metropolitan Jakarta yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), memastikan, LPJU yang diganti dari sistem tenaga surya (solar cell) memakai listrik PLN sudah bisa menyala pekan kedua November.

Perbaikan diakuinya sudah dilakukan sejak awal Oktober dengan pemetaan LPJU yang rusak.

Bayu memastikan, LPJU milik Dirjen Hubdat Kemenhub pada tahun anggaran 2018 tersebut akan membantu penerangan Jalinsum bagi pengguna jalan. Proses penyalaan percobaan disebutnya sudah dilakukan pada total 92 titik LPJU. Selanjutnya akan dilakukan pemasangan meteran listrik otomatis.

Sistem meterisasi LPJU tersebut merupakan upaya pemeliharaan dan peningkatan jaringan yang lebih hemat. Selain dipasang otomatis sesuai waktu yang disetel, penggunaan lampu hemat energi juga diterapkan.

Bayu, kontraktor dari PT. Metropolitan Jakarta, pelaksana perbaikan lampu penerangan jalan mililk Dirjen Hubdat Kemenhub – Foto Henk Widi

“Pemasangan meteran otomatis untuk program meterisasi LPJU menggantikan sistem solar cell yang sebelumnya kerap rusak akibat pencurian pada baterei. Saat malam hari, lampu tidak menyala,” terang Bayu, kontraktor dari PT. Metropolitan Jakarta, pelaksana perbaikan LPJU di sepanjang Jalinsum, saat ditemui Cendana News, Jumat (9/11/2018).

Meterisasi tersebut, diakui Bayu, sangat penting untuk efisiensi penggunaan daya listrik dibanding sebelumnya memakai solar cell. Sejumlah meteran yang terkoneksi dengan kabel listrik PLN dipasang otomatis menyala saat jam 18.00 sore hingga jam 6.00 pagi berikutnya.

Meteran sengaja dipasang di tiang lampu dengan fasilitas kunci dan box meteran dilas menghindari aksi pencurian yang selama ini kerap mengakibatkan LPJU rusak dan tidak menyala.

Efisiensi tersebut diakuinya dengan penyetelan menyesuaikan waktu pemakaian terutama siang hari yang tidak memerlukan penerangan. Melalui sistem meterisasi otomatis perhitungan pembayaran akan dihitung berdasarkan jumlah LPJU terpasang serta durasi penyalaan lampu.

Ia bahkan mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di dekat titik LPJU terpasang agar menjaga sekaligus melaporkan kepada pihak berwenang jika melihat ada aksi perusakan bahkan pencurian.

“Selama ini kendala pemasangan solar cell kerap dicuri pada bagian baterai, sementara meteran biasa yang tidak otomatis, membuat tagihan listrik membengkak,” beber Bayu.

Bayu menyebut, dari ratusan LPJU yang ada di sepanjang Jalinsum dari Bakauheni hingga Kalianda di antaranya merupakan LPJU menggunakan solar cell. Meski demikian, Dirjen Hubdat Kemenhub memprioritaskan perbaikan pada LPJU yang dipasang di bawah tahun anggaran 2016.

Sejumlah lokasi LPJU yang dekat dengan perumahan penduduk dan terjaga kondisinya bahkan di antaranya masih bagus dan terawat meski dipasang pada tahun anggaran 2013, 2014 dan 2015.

Beberapa lampu penerangan jalan umum, diakui Bayu, menggunakan jenis lampu Light Emitting Diode (LED) dengan daya 120 watt. Lampu jenis solar cell yang masih berfungsi  sengaja tidak diganti karena masih bisa dipergunakan sebagai lampu penerangan jalan umum.

Pemasangan lampu tersebut diharapkan bisa menyala seluruhnya pada pertengahan November sehingga akhir tahun lalu lintas untuk arus libur akhir tahun bisa lebih lancar dengan dukungan lampu jalan.

Sejumlah lampu penerangan jalan umum di Jalinsum KM 03 Bakauheni, Lampung Selatan – Foto Henk Widi

Hendra, pengemudi kendaraan asal Kalianda yang setiap hari melakukan aktivitas di Bakauheni mengaku, mengapresiasi penggantian LPJU. Perbaikan dengan mengganti lampu yang rusak diakuinya meminimalisir kecelakaan dan aksi kejahatan di sejumlah titik terutama pada malam hari.

Sejumlah lampu penerangan diakuinya sangat membantu pengendara terutama kendaraan roda dua pada sejumlah titik jalan bergelombang dan berlubang. Perbaikan LPJU sekaligus Jalinsum diakuinya memberi kenyamanan bagi pengguna jalan.

Baca Juga
Lihat juga...