hut

Sumsel Upayakan Seluruh Desa Miliki Internet

Ilustrasi Wifi – Foto: Istimewa

PALEMBANG – Pemprov Sumatera Selatan (Sumsel) berupaya, semua desa di daerah tersebut, memiliki jaringan internet. Hal itu untuk mendorong, semua warga lebih cepat mengetahui informasi.

Internet masuk desa, diklaim menjadi komitmen Gubernur Sumsel Herman Deru. “Hal itu dikarenakan, kepedulian gubernur pada kehidupan masyarakat perdesaan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kominfo Sumsel, Jon Kenedy, Senin (26/11/2018).

Gubernur Sumsel disebutnya, sangat menginginkan, seluruh warga mengetahui teknologi informasi. Warga yang selama ini menggali ilmu melalui buku, akan lebih mudah mengumpulkan data melalui internet. Untuk itu, perlu adanya pelayanan internet, agar masyarakat pedesaan mengikuti perubahan zaman. Termasuk, masyarakat dapat berperan aktif mempromosikan desanya melalui jejaring tersebut.

Dalam program kerjanya, Gubernur Herman Deru, meminta tidak ada lagi blank spot, di setiap desa yang ada di Sumsel. Seperti di Kabupaten Musirawas Utara, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu Selatan, Banyuasin, dan Ogan Ilir. Melalui internet desa, masyarakat dengan mudah mengakses informasi dan menyebarkan informasi, mengenai produk-produk unggulan dari desa tersebut. “Jadi, dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai, pemberdayaan desa makin baik,” ujarnya.

Oleh karena itu, Dinas Kominfo merencanakan, untuk mengaplikasikan program internet desa, dengan bantuan Kelompok Informasi Masyarkat (KIM). Kegiatan dilakukan dengan memfokuskan pada sasaran dan pelaksanaan secara teknis. Program internet desa, diharapkan dapat dikembangkan sesuai dengan perencanaan yang matang. Untuk melaksanakan tugas tersebut, harus didukung SDM yang mampu mengelola, dengan tata kelola yang baik secara kontinyu sehingga mampu menasional. (Ant)

Lihat juga...