Terbaliknya Bianglala Sekaten, Warga Takut Naik Wahana Permainan

Editor: Mahadeva WS

184

YOGYAKARTA – Kejadian terhenti dan terbaliknya kabin wahana permainan Bianglala, di area Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) Alun-alun Utara Yogyakarta, Minggu (11/11/2018) malam, menjadi sorotan sekaligus perhatian masyarakat, pemerintah maupun kepolisian. 

Meski tak ada laporan korban baik jiwa maupun luka-luka, sejumlah warga yang mengetahui peristiwa itu, mempertanyakan prosedur keamanan setiap wahana permainan di PMPS. Sejak peristiwa tersebut, warga mengaku takut, dan berpikir dua kali kalau mau naik sejumlah wahana permainan rakyat tersebut.

Salah seorang warga pengunjung Pasar Malam Sekaten, Hasto Wicaksono – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Ya, saya lihat video-nya di media sosial. Ngeri sekali, sampai terbalik seperti itu. Apalagi terlihat ada anak kecil yang jadi korban. Kejadian ini, membuat orang semakin ngeri untuk menaiki wahana semacam ini. Paling tidak berpikir dua kali untuk mau menggunakannya,” ujar salah seorang pengunjung PMPS asal Bantul, Hasto Wicaksono, Senin (12/11/2018).

Hasto meminta, pihak-pihak terkait lebih memperhatikan standar operasional dan keamanan wahana permainan di PMPS. Tidak hanya untuk wahana permainan bianglala, namun juga untuk wahana permainan lain seperti kora-kora dan ombak banyu.  “Mestinya, faktor keamaan dan keselamatan harus lebih diperhatikan. Jangan sampai kejadian seperti itu terulang kembali,” katanya.

Sementara itu, pemerintah, dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota  Yogyakarta, sebagai penyelenggara PMPS, dan aparat kepolisian, bergerak untuk meninjau lokasi, dan akan menyelidiki penyebab peristiwa naas itu.

Wakapolresta Yogyakarta AKBP Ardiyan Mustakim – Foto: Jatmika H Kusmargana

Wakapolresta Yogyakarta, AKBP Ardiyan Mustakim, menyatakan, pihaknya telah memanggil pengelola wahana permainan untuk dimintai keterangan. Pemanggilan itu dilakukan untuk mencari informasi penyebab terhenti dan terbaliknya kabin wahana permainan bianglala.  “Semua pengelola, Senin (12/11/2018), sudah kita panggil untuk dimintai keterangan. Untuk mengumpulkan informasi terkait peristiwa tersebut, sekaligus mengetahui izin dan standar keselamatan wahana permainan mereka, seperti apa,” tandasnya.

Sebelumnya, sebuah insiden terjadi di area PMPS Alun-alun Utara Yogyakarta, Minggu (11/11/2018) sekira pukul 19.30 WIB malam. Wahana permainan bianglala, tiba-tiba terhenti dan beberapa kabin berisi penumpang terbalik. Sejumlah penumpang yang ada di dalam kabin harus diselamatkan, diturunkan dari atas kabin bianglala setinggi beberapa belas meter. Video peristiwa sempat beredar luas di masyarakat melalui media sosial. Nampak salah seorang anak kecil turut menjadi korban. Meski begitu dari laporan yang ada, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa naas ini.

Baca Juga
Lihat juga...