Ternak Ikan Lele di Deli Serdang, Prospektif

165

MEDAN  – Ternak ikan lele menjadi bisnis yang menjanjikan bagi masyarakat di Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, mengingat semakin tingginya permintaan dari masyarakat.

Dedi (35), salah seorang peternak ikan lele di Deliserdang, Sabtu, mengatakan, bisnis ini bukan lagi menjadi sampingan untuk menambah pendapatan keluarga, namun sudah menjadi bisnis utama karena prospeknya yang cukup menjanjikan.

Sekali panen, pria yang mengaku baru sekitar setahun terakhir ini serius mengelola peternakan ikan lele bisa menghasilkan antara Rp3 hingga Rp4 juta sekali panen untuk satu kolam, sementara saat ini ia baru memiliki 4 kolam saja.

“Lumayanlah hasilnya. Kalau awal-awalnya memang masih menjadi bisnis sampingan, tapi sekarang saya fokus mengelola ternak lele walaupun masih sebatas empat kolam karena memang lahan yang saya miliki hanya sedikit,” jelasnya.

Alasan lain ia beralih profesi sebagai peternak lele, ayah tiga anak itu mengaku, pekerjaan itu tidak terlalu memforsir tenaga karena ia hanya melakukan pembesaran, sementara bibit dan pembuangan ikan setelah panen sudah ada yang menampung.

“Artinya kita hanya fokus pada perawatan dan makannya saja. Tapi kita juga tentunya harus hati-hati juga dengan cuaca, jangan sampai kolam terisi air hujan, karena ikan lele gak tahan kena air hujan,” terangnya.

Mengingat prospek yang menjanjikan tersebut, ia berencana akan mengembangkan dengan mencoba mencari lahan lain yang lebih luas sehingga bisa menambah beberapa kolam lagi untuk peternakan lele nya tersebut.

“Coba cari lahan dulu, kalau beli tanah belum mampu. Mungkin saya menyewa dulu lahannya. Nanti kalau sudah ada modal baru beli lahan,” katanya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...