Tingkat Pengangguran Terbuka di NTB, Meningkat

Editor: Koko Triarko

249
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Suntono -Foto: Turmuzi
MATARAM – Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Agustus 2018, mengalami peningkatan jauh lebih tinggi dibandingkan Februari 2018. 
“Selama Agustus 2018, TPT NTB mencapai 3,72 persen, lebih tinggi dibandingkan Februari sebesar 3,38 persen” kata Kepala BPS NTB, Suntono, di Mataram, Senin (5/11/2018).
Kenaikan TPT tersebut tidak lepas dari bencana gempa bumi yang melanda NTB beberapa waktu lalu, khususnya Kabupaten Lombok Utara.
Sejalan dengan turunnya jumlah angkatan kerja, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) juga mengalami penurunan. TPAK pada Agustus 2018 tercatat 65,91 persen, turun 3,92 poin dibanding semester lalu, dan turun sebesar 2,58 poin dibanding setahun yang lalu.
“Sehingga, pekerja bebas dan pekerja tidak dibayar atau pekerja keluarga kebanyakan tidak bekerja, dengan demikian penduduk tersebut tergolong sebagai bukan angkatan kerja,” katanya.
Dijelaskan, TPT di perkotaan cenderung lebih tinggi dibanding TPT di pedesaan.  TPT di perkotaan menunjukkan tren yang menurun, sebaliknya di pedesaan menunjukkan tren meningkat.
Suntono menambahkan, jumlah angkatan kerja NTB pada Agustus 2018 sebanyak 2.237,38 ribu orang, menurun 221,64 ribu orang dibanding Februari 2018 semester lalu.
Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans NTB), Wilda, mengatakan, berbagai kebijakan pemerintah terkait penciptaan lapangan kerja terus dilakukan.
Selain menggandeng sejumlah perusahaan yang beroperasi di NTB, termasuk KEK Mandalika, juga dengan rutin menyelenggarakan acara job fair, melibatkan banyak perusahaan yang menyediakan berbagai lowongan kerja.
Langkah tersebut cukup berhasil menekan tingkat pengangguran, ditunjukkan oleh TPT yang bergerak turun dari 3,94 persen pada Agustus 2016, menjadi 3,32 persen pada Agustus 2017. Namun meningkat pada Agustus 2018 akibat terjadinya bencana gempa.
Baca Juga
Lihat juga...