Tumis Buah Pepaya, Menggoda Selera Akhir Pekan

Editor: Satmoko Budi Santoso

172

MAUMERE – Selain bunga, buah dan daun pepaya dapat dijadikan sayur oleh sebagian besar masyarakat Pulau Flores. Apalagi pohon pepaya selalu ditanam di halaman rumah maupun di kebun warga.

“Sayur dengan bahan buah, daun maupun bunga pepaya selalu menjadi makanan yang dikonsumsi semua warga di Flores maupun di NTT,” sebut Cresensia Nona, warga Kota Maumere, Sabtu (10/11/2018).

Dikatakan Cresensia, buah, bunga maupun daun pepaya muda, selalu dijual setiap hari di pasar-pasar tradisional di Kota Maumere sehingga mudah diperoleh. Harganya pun tidak terlalu mahal, kecuali untuk bunga pepaya.

“Buah pepaya bisa dibeli di pasar dengan harga 2 buah dijual Rp5 ribu. Untuk memasak sayur buah pepaya dan dikonsumsi satu keluarga, 2 kali makan dibutuhkan minimal 4 buah pepaya muda,” terangnya.

Maria Magdalena, warga Kota Maumere Kabupaten Sikka, NTT. Foto: Ebed de Rosary

Maria Magdalena, warga Kota Maumere lainnya menjelaskan, dirinya ingin membuat tumis buah pepaya untuk dikonsumsi seluruh keluarga. Sayur ini biasanya dikonsumsi minimal seminggu sekali.

“Untuk membuatnya, pertama-tama buah pepaya dikupas kulit luarnya dan dibersihkan bagian dalamnya. Buah pepaya ini pun diiris tipis-tipis, sesuai selera lalu direbus,” ungkapnya.

Saat merebus buah pepaya, saran Maria, usahakan jangan terlalu lembek atau matang lalu diangkat. Buang air rebusan pepaya tersebut dan biarkan beberapa menit hingga buah pepaya tersebut kering.

“Bumbu yang dibutuhkan yakni bawang putih, bawang merah, kunyit dan cabai merah kecil. Semua bumbu diulek hingga halus menggunakan cobek lalu masukkan garam secukupnya,” terangnya.

Setelah semua bumbu sudah halus, jelas Maria, panaskan minyak goreng lalu semua bumbu tersebut dimasukkan sambil terus diaduk, hingga bumbu merata dan setengah matang.

“Masukkan buah pepaya yang sudah direbus tadi, lalu aduk hingga bumbu meresap. Masukkan penyedap rasa sesuai selera dan setelah matang diangkat lalu dihidangkan,” tuturnya.

Jika buah pepaya tidak dikupas kulitnya dan direbus, terang Maria, rasa sayurnya agak pahit. Namun, bila dikupas kulitnya, maka rasanya pun tidak pahit, dan lebih cepat lembek saat direbus.

Baca Juga
Lihat juga...