Ubah Perilaku Dijalan, Masa Depan Selamat

Editor: Mahadeva WS

359

JAKARTA – Mahasiswa Universitas Mercu Buana (UMB), Jakarta, yang tergabung dalam Stars Project, menggelar pendidikan keswelamatan berlalulintas di SMPN 244 Jakarta Utara. Acara tersebut mencoba mengajak masyarakat untuk merubah perilaku di jalan demi keselamatan lalu lintas dan tranportasi darat.

Adalah, Wahyu Geger Nugraha, Thea Eka Putri, Desi Natalia, Mohammad Faris Abyadi, Siti Irliana Anggraini, dan Resti Aristiani, yang merupakan mahasiswa Fakultas Komunikasi, Jurusan Public Relation, menggelar kegiatan untuk Kuliah Peduli Negeri (KPN) di SMPN 244 tersebut.

Thea Eka Putri, mengatakan, KPN merupakan kegiatan kuliah yang diberikan kepada mahasiswa, untuk mengaplikasikan pengetahuan dan ide yang dimiliki kepada masyarakat. Kali ini kegiatan digelar dalam bentuk sosialisasi secara komprehensif. “Kita mahasiswa berupaya memberikan kontribusi yang nyata dalam kegiatan perkuliahan KPN, dengan mengaplikasikan teori yang didapat selama kuliah. Dan sejauh ini, apa yang kita lakukan di kegiatan ini, sangat menyenangkan. Dan ternyata gampang-gampang susah, untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat terutama untuk mengedukasi,” ujarnya, usai KPN di SMPN 244, Jumat (30/11/2018).

Wahyu Geger Nugraha – Foto M Fahrizal

Wahyu Geger Nugraha, menyebut, siswa yang mengikuti acara sosialisasi keselamatan lalu lintas, diharapkan mampu memiliki kesadaran lebih, mengenai pentingnya menjaga keselamatan saat berlalulintas. Dipilihanya SMPN 244, untuk menggelar sosialisasi dan edukasi keselamatan lalu lintas, setelah melalui proses survei dan pemetaan permasalahan di lingkungan sekolah tersebut. Pemetaan yang dilakukan, dengan melihat secara langsung potensi kerawanan di wilayah tersebut.

Kemudian diikuti dengan sosialisasi, dari mulai pengenalan atribut keselamatan pengguna jalan, hingga praktek memberikan pertolongan kepada korban kecelakaan di jalan raya. “Kegiatan sosialisasi, praktek, dan tanya jawab, dijalankan pada kegiatan ini. Diharapkan dengan sosialisasi ini, para pelajar dapat mengubah perilaku dan meningkatkan kesadaran melindungi diri dari bahaya, dan mengutamakan keselamatan di jalan raya,” tambahnya.

Wakil Kepala Sekolah, SMPN 244 Jakarta Utara, Ririn Alriyanti, menyebut, sosialisasi dari mahasiswa UMB tersebut sangat bermanfaat. Khususnya untuk para siswa, agar dapat meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya menjaga keselamatan diri, saat berlalulintas di jalan raya. “Program kegiatan sangat edukasi sekali.Program ini sangat bermanfaat bagi para siswa, sehubungan lokasi sekolah ini berada di pinggir jalan raya. Dengan sosialisasi ini, diharapkan risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas dapat dikurangi,” pungkasnya.

Lihat juga...