Warga Bone Bolango Dilatih Meracik Kopi

145
Ilustrasi. Foto: Dokumentasi CDN

GORONTALO — Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Perindagkum) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo melatih 15 orang warga cara meracik kopi di Galeri Produk Unggulan Bonebol dan Pinogu Coffee Shop.

Kepala Dinas Perindagkum, Basir Noho, mengatakan pelatihan dasar meracik kopi itu merupakan bagian untuk pengembangan kompetensi bagi masyarakat yang ingin menggeluti usaha kopi.

Selain itu, sebagai awal untuk memfasilitasi bagi masyarakat yang ingin memiliki keahlian melalui uji kompetensi Barista.

“Karena kita di Bone Bolango ini, sudah memiliki Galeri Produk Unggulan Bonebol dan Pinogu Coffee Shop yang berfungsi sebagai tempat uji kompetensi (TUK) Bonebol Coffee, dan media edukasi bagi masyarakat yang ingin mengenal kopi,” jelasnya di Gorontalo, Jumat (9/11/2018).

Ia mengungkapkan kegiatan pelatihan ini juga digelar, untuk merespon terhadap keinginan masyarakat yang mencintai kopi dan mengenal kopi.

“Dengan pengenalan kopi lewat pelatihan ini, mereka bisa meracik kopi dan bisa membedakan kopi yang satunya dengan yang lainnya. Bahkan bisa menyajikan kopi sebagaimana tuntutan pasar,” kata Basir Noho.

Olehnya itu, lanjut Basir Noho, melalui kegiatan pelatihan itu, pihaknya berharap para peserta bisa mengenal teknik meracik kopi secara profesional. Diharapkan juga mereka menjadi calon-calon yang menjadi peserta uji kompetensi.

Ia pun berharap para peserta yang telah mengikuti pelatihan dasar meracik kopi itu, kedepan mereka bisa mendapatkan sertifikat uji kompetensi Barista melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Kopi Indonesia yang telah dikerjasamakan dan dibentuk melalui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Setelah mengikuti pelatihan ini, Insya Allah akan memberikan peluang bagi mereka untuk membuka usaha kedai kopi maupun warung kopi yang di dalamnya dikelola oleh tenaga profesional yang memiliki sertifikasi keahlian,” pungkasnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...