Wujudkan Kampung Iklim, Diperlukan Kerja Sama Swasta

Editor: Satmoko Budi Santoso

BALIKPAPAN – Guna menjaga lingkungan dengan baik, Provinsi Kalimantan Timur mengembangkan Program Kampung iklim (Proklim) untuk sektor swasta. Program kampung iklim salah satu komitmen pemerintah untuk terus menjaga lingkungan hidup.

Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi, mengungkapkan, Kaltim harus menjaga lingkungan hidup khususnya dalam pelestarian hutan. Untuk mewujudkan program kampung iklim tersebut, bukan pekerjaan yang sederhana. Diperlukan kerja sama antara lembaga swasta dan instansi pemerintahan.

“Dinas Lingkungan Hidup (DLH) wajib hukumnya ada di setiap daerah. Tujuannya mengendalikan pemerintahan untuk bersama-sama masyarakat menjaga lingkungan dengan baik,” katanya, Rabu (28/11/2018).

Namun demikian, Dinas Lingkungan Hidup tak dapat bekerja sendiri dalam mewujudkan program kampung iklim. Hadi Mulyadi melanjutkan, diperlukan adanya koordinasi yang baik dari lembaga swasta maupun masyarakat yang tujuannya bersama-sama menjaga lingkungan hidup.

“Mewujudkan Proklim bukanlah pekerjaan yang sederhana. Perlu adanya kerja sama antara lembaga tertentu dan instansi pemerintahan,” ujar Hadi.

Ia pun mengajak untuk turun ke lapangan agar mengetahui secara pasti apakah lingkungan hidup di daerah ini sudah baik.

“Memastikan baik tidaknya lingkungan hidup di daerah ini jangan hanya berdasar angka-angka. Tetapi mari lihat dan turun ke lapangan, sehingga bisa mengetahui apakah benar lingkungan hidup di daerah ini sudah baik atau tidak,” tegasnya.

Hadi Mulyadi mengharapkan, kehadiran Proklim bukan membuat setiap instansi terkait puas. Akan tetapi, bagaimana membuat masyarakat merasa nyaman dengan lingkungan hidup di sekitarnya.

Untuk menuju sukses program tersebut, Hadi menambahkan, pentingnya kerja keras sehingga apa yang dilaksanakan dapat diwujudkan .

“Mari bersama-sama berkomitmen menjaga lingkungan. Caranya bersama-sama bekerja, sesuai dengan kemampuan bidang masing-masing dan berusaha mencintai pekerjaan tersebut,” ajaknya.

Lihat juga...