10 Persen APBD Wondama Untuk Pendidikan

284
Ilustrasi - Dokumentasi CDN

WASIOR – Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, mengalokasikan 10,79 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)-nya, untuk sektor pendidikan.

Wakil Bupati Teluk Wondama, Paulus Y Indubri, mengatakan, APBD Wondama di 2019 sebesar Rp925 miliar. Dengan demikian, hampir Rp100 miliar dialokasikan untuk belanja bidang pendidikan. “Kalau kita mau mengikuti ketentuan Undang-undang semestinya 20 persen. Kita belum bisa karena anggaran masih terbatas dan bidang lain juga membutuhkan perhatian,” tandas Indubri, Sabtu (8/12/2018).

Meski demikian, Pemkab terus berusaha meningkatkan alokasi anggaran untuk pendidikan. Di 2019, anggaran pendidikan meningkat 8,52 persen. Pihak eksekutif disebutnya, terus berupaya untuk mematuhi ketentuan alokasi anggaran bidang pendidikan minimal 20 persen. “Kita berusaha secara bertahap,” tandasnya.

Keputusan Pemkab meningkatkan anggaran bidang pendidikan hingga mencapai Rp100 miliar mendapat apresiasi dari DPRD. Anggota dewan, terus mendorong, agar pemkab meningkatkan anggaran untuk pendidikan.  Terhadap sorotan DPRD terkait sekolah-sekolah di pedalaman Wondama yang lebih sering libur karena keterbatasan jumlah guru, Wabup Indubri menyatakan, Dinas Pendidikan akan melakukan redistribusi guru.

Upaya tersebut, dilakukan setelah penerimaan CPNS 2018 selesai dilakukan. Pada rekruitmen kali ini, kuota untuk guru cukup banyak. “Sehingga, pelayanan dan mutu pendidikan di sekolah-sekolah pedalaman dapat ditingkatkan, diikuti dengan peningkatan layanan bidang kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan ketertiban masyarakat,” pungkas Indubri. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...