15.039 Keping KTP-El Rusak Dimusnahkan Disdukcapil Kolaka

Ilustrasi [CDN]

KOLAKA, SULTRA — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara memusnahkan 15.039 keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-e) yang rusak atau terjadi kesalahan data pemilik.

Kepala Disdukcapil Kolaka Abdullah mengatakan pemusnahan KTP-e yang rusak itu sebagai antisipasi penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Sebelum pemusnahan, terlebih dahulu digunting pada bagian ujung kemudian dibakar sehingga tidak bisa lagi disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” kata dia di Kolaka, Kamis (20/12/2018).

Dia menjelaskan pemusnahan KTP elektronik itu dilakukan untuk yang kedua kalinya setelah sebelumnya pihaknya juga melakukan hal yang sama 1.400 keping yang sudah tidak berlaku lagi.

“Dari dua kali pemusnahan dengan cara dibakar sudah berjumlah 16.439 keping, yakni pemusnahan kedua 15.039 keping dan pemusnahan pertama tercatat 1.400 keping,” katanya.

Ia menambahkan bagi warga negara yang masih memiliki KTP lama dinyatakan tetap berlaku apabila yang bersangkutan tidak pindah alamat tempat tinggal meskipun masa berlakunya hingga 2017.

“KTP elektronik berlaku seumur hidup, kecuali yang bersangkutan pindah alamat domisili maka harus diadakan pergantian,” katanya.

Dalam kesempatan terpisah Wakil Ketua DPRD Sultra Jumardin mengatakan pemusnahan yang rusak atau terjadi kesalahan pengisian data sudah tepat.

“Pemusnahan itu perlu mengantisipasi penyalahgunaan yang dapat berakibat merugikan diri sendiri maupun orang lain,” kata wakil rakyat daerah pemilihan Kabupaten Kolaka itu. [Ant]

Lihat juga...