2.245 Permohonan KPJ Masih Diproses

Editor: Koko Triarko

JAKARTA –Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta, masih memverifikasi sejumlah buruh yang mengajukan diri untuk mendapatkan Kartu Pekerja Jakarta (KPJ).

“Saat ini, ada 2.245 orang masih dalam proses verifikasi Disnakertrans. Data ini akan terus bertambah, seiring dengan kelengkapan data yang disampaikan federasi serikat pekerja atau serikat buruh, asosiasi, maupun dari tim Disnakertrans,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta, Andri Yansyah, di Pasar Induk Kramat Jati, Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur, Senin (31/12/2018).

Menurutnya, pekerja yang mendapat kartu tersebut adalah para pekerja yang mendapatkan gaji Upah Minimum Provinsi (UMP) ditambah 10 persen. Selain itu, pekerja yang mendapatkan kartu pekerja tersebut, yakni para pekerja yang ber-KTP DKI Jakarta dan bekerja di Jakarta.

“Mendapat rekomendasi dari asosiasi maupun dari serikat pekerja, karena yang tahu persis Pekerja yang UMP 1+10 persen itu asosiasi pekerja. Setelah itu, baru disampaikan ke Disnaker. Jadi, pekerja tidak perlu ke Disnaker atau ke Bank DKI, cukup melalui serikat dari situ diserahkan ke Disnaker, menyerahkan ke Bank DKI, setelah itu dilakukan penyerahan,” ucap Andri.

Sebelumnya, kata Andri, data yang telah masuk untuk proses verifikasi sebanyak 6.441 orang, dari 212 perusahaan di DKI. Dari proses verifikasi tersebut, yang dinyatakan lolos 3.756 orang, dengan rincian tahap I sebanyak 173 Kartu Pekerja, telah diserah terimakan kepada para pekerja pada 15 November 2018 di Jak Grosir Kramat Jati.

Penyerahan tahap dua, sebanyak 160 kartu diserah terimakan kepada para pekerja pada 28 November 2018 yang dilaksanakan di Pasar Bidadari, Jakarta Timur, dan Pasar Kedoya, Jakarta Barat.

Lihat juga...