2018, Pemkab Magelang Bangun Tiga Rumah Sakit

MAGELANG  – Pemerintah Kabupaten Magelang pada 2018 membangun tiga rumah sakit, yakni di Mertoyudan, Salaman, dan Grabag, kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti.

“Pemerintah Kabupaten Magelang berkomitmen tinggi terhadap pembangunan kesehatan sehingga secara bertahap merencanakan pembangunan kesehatan di seluruh sisi,” katanya di Magelang, Sabtu.

Ia menyampaikan hal tersebut saat menghadiri Pelantikan Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Magelang periode 2018-2021. Pada tahun ini, Pemkab Magelang sudah membangun secara fisik gedung rumah sakit baru untuk RS di Blodo (Kecamatan Mertoyudan) yang diberi nama RS Merah Putih.

Semula, kata dia, rencananya rumah sakit itu langsung tipe B, akan tetapi dalam perjalanannya masih membutuhkan persiapan sehingga mulai dari tipe C dahulu. Sebanyak dua rumah sakit lainnya, RS tipe D yang merupakan perubahan dari puskesmas rawat inap di Kecamatan Salaman menjadi RS Bukit Menoreh dan di Grabag menjadi RS Candi Umbul.

“Tentunya kita tidak hanya berbesar hati, perhatian pemerintah terhadap pembangunan kesehatan dengan seluruh fasilitas yang akan disediakan. Karena di dalamnya menyimpan banyak pekerjaan rumah, terutama kaitannya dengan sumber daya manusia,” katanya.

Saat rekrutmen PNS belum lama ini, sebenarnya pihaknya sudah mengalokasikan untuk formasi dokter umum dan dokter spesialis, tetapi peminatnya kurang, terutama dokter spesialis.

Lihat juga...