2018, Pengiriman Jasa Pos di Pontianak, Meningkat

PONTIANAK  – Kepala Kantor PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Pontianak, Zaenal Hamid, mengatakan, sejak Januari – 20 Desember 2018 pengiriman barang dan dokumen melalui pihaknya terus meningkat baik dari kalangan ritel maupun korporasi.

“Kita bersyukur kinerja pengiriman kita terus tumbuh. Untuk ritel ada tumbuh sekitar 4 persen dan untuk korporasi yang saat ini tumbuh dengan signifikan yakni 68 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan periode yang sama,” ujarnya di Pontianak, Sabtu.

Ia merincikan, dilihat dari jumlah kiriman dan pendapatan yang dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni pada Januari – 20 Desember 2017 lalu ada 286.663 kiriman dengan mencatat pendapatan sebesar Rp54,97 miliar.

Sedangakan Januari – 20 Desember 2018 ada 328.307 kiriman dan pendapatannya mencapai Rp77,54 miliar.

“Sehingga dengan data yang ada, terlihat peningkatan sebesar 41.644 kiriman dan pendapatan Rp22,500 miliar atau meningkat sekitar 41 persen pendapatan tahun ini,” jelas dia.

Ia menyebutkan, kiriman yang mendominasi ke luar Kalbar saat ini yakni daun kratom yang dikirim ke Amerika Sarikat. Menurutnya, jumlah kiriman terus meningkat dan dengan jumlah yang besar.

“Kiriman dari Kalbar sekitar 90 persen berupa daun kratom yang dijual ke Amerika Serikat. Sisanya 10 persen baru berupa dokumen dan barang lainnya ke dalam negeri,” jelas dia.

Sementara, untuk barang masuk melalui Kantor Pos Cabang Pontianak angkanya lebih besar dibandingkan barang dan dokumen kiriman. Menurutnya, barang dan dokumen yang masuk ke Pontianak pada Januari – November 2018 yakni sebesar 701.821 kiriman.

“Meski kiriman yang masuk ke Pontianak lebih besar daripada barang yang keluar, namun dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan periode yang sama, mengalami penurunan sekitar 18 persen atau pada waktu itu ada 855.167 kiriman,” kata dia.

Namun, kata dia lagi, pada Desember 2018 ini setiap hari ada peningkatan pengiriman yang masuk ke Kantor Pos Pontianak secara signifikan yakni sekitar 1.800 – 2.000 kiriman.

“Peningkatan kiriman yang masuk pada Desember 2018 ini yang begitu signifikan tidak terlepas dari peran hari belanja online nasional. Begitu juga seperti pada kiriman keluar dari Pontianak beberapa ada peningkatan tidak terlepas dari momentum penerimaan CPNS 2018,” kata dia.

Menurutnya, barang yang masuk ke Pontianak saat ini didominasi datang dari luar negeri terutama dari Tiongkok. Sedangkan dari dalam negeri dari Batam dan beberapa daerah lainnya.

“Kami Kantor Pos di Kalbar yang terdiri dari Pontianak, Ketapang, Sintang Sanggau dan Singkawang terus berkomitmen melayani dengan maksimal masyarakat Kalbar. Kami terus berupaya memperbaiki kinerja dan siap menerima masukan dari pelanggan. Kami terus memperbaiki  menjadi terbaik,” papar dia. (Ant)

Lihat juga...