4.200 Kotak Suara Kardus Diterima KPU Dumai

Kotak suara, ilustrasi -Dok: CDN

DUMAI, RIAU — Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai sudah menerima sejumlah logistik untuk penyelenggaraan Pemilu 2019 berupa 4.200 kotak suara berbahan karton atau kardus dan bilik suara dari KPU RI.

Ketua KPU Dumi Darwis mengatakan, kotak suara berbahan kardus ini diklaim memiliki daya kekuatan 90 kilogram untuk menampung kertas suara dan tidak mudah patah, juga sebagian pernah digunakan saat pemilu 2014 lalu.

“Kekuatan kotak suara berbahan kardus ini mampu menahan berat hingga 90 kilogram untuk kertas suara dan tidak patah,” kata Darwis pada pers, Selasa (18/12/2018).

Disebutkan, logistik diterima KPU Dumai ini dipastikan dalam keadaan baik dan saat dikirim menggunakan alat angkut jalur transportasi darat.

KPU Dumai masih menyimpan kotak suara lama berbahan alumunium yang pernah digunakan pada Pemilu 2014 dan Pilkada sebelumnya, dan direncanakan segera dilelang, namun masih menunggu petunjuk dari KPU RI.

“Kotak suara lama masih tersimpan rapi di gudang penyimpanan KPU, dan kita menunggu arahan KPU Pusat untuk proses pelelangan,” sebutnya.

Selain itu, KPU Dumai juga sudah menyerahkan alat peraga kampanye kepada peserta Pemilu 2019 dan sekaligus menentukan zona atau titik pemasangan atribut di tempat sudah ditentukan pada Kamis (13/12) lalu di Kantor KPU Jalan Tuanku Tambusai Dumai.

Sebelum penyerahan APK, KPU menggelar rapat membahas penggunaan atribut, titik pemasangan baliho, baik untuk pemilu presiden atau spanduk calon anggota legislatif.

“Alat peraga kampanye hanya diizinkan di zona zona tertentu sesuai kesepakatan dan nanti akan diawasi badan pengawas pemilu,” ujarnya.

Untuk pemasangan APK secara resmi dan simbolis, nantinya akan dilaksanakan pada 23 Desember 2018 di Jalan Janur Kuning, Kelurahan Jaya Mukti, dan KPU mengundang seluruh pengurus partai politik peserta pemilu serta pihak terkait lain.

Diharapkan seluruh parpol, calon legislatif dan tim pemenangan pasangan calon presiden di daerah dapat mematuhi aturan dan dilarang memasang spanduk atau baligo di area rumah ibadah, sekolah, pohon dan lainnya serta menjaga atribut agar tidak rusak. [Ant]

Lihat juga...