Akhir Tahun, Harga Telur di Pasar Raya Padang, Naik

PADANG – Harga telur ayam kampung di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, menjelang akhir tahun naik Rp9.000 per karton isi 30 butir.

“Biasanya, harga ayam kampung seharga Rp45 ribu per karton, sekarang Rp54 ribu,” kata pedagang telur Ika (26), di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan, peningkatan ini cukup siginifikan dan mulai terjadi pada Sabtu (22/12).

Jika dihitung per butir kenaikan harga berkisar Rp200 hingga Rp400, dari harga awal Rp1.600 menjadi Rp1.800 sampai Rp2.000 per butir.

“Penyebab naiknya saya kurang tahu persis, karena memang sudah naik ketika saya mengambil barang ke distributor” katanya.

Sementara untuk telur ayam ras saat ini dijual dengan harga berkisar pada Rp40 ribu hingga Rp45 ribu per karton.

Harga tersebut diketahui sudah mengalami kenaikan sejak awal Desember yang sebelumnya seharga Rp38 ribu per karton.

Ia mengatakan, kenaikan harga telur memang sering terjadi menjelang akhir tahun setiap tahunnya.

Sementara, harga beras saat ini berkisar Rp15 ribu per kilogram, sejak mengalami peningkatan pada awal Desember dari harga Rp14 ribu per kilogram.

Harga ayam potong juga mengalami kenaikan dalam beberapa pekan terakhir dari Rp19 ribu per kilogram menjadi Rp22 ribu per kilogram.

Sedangkan harga ayam kampung tidak mengalami perubahan dengan harga Rp50 ribu per ekor untuk ayam berat sekitar satu kilogram.

“Harga ayam kampung tidak begitu mengikuti ayam potong, karena punya harga pasar sendiri,” kata Jimmi, pedagang ayam kampung. (Ant)

Lihat juga...